10 Fakta Ajaib yang Perlu Bunda Ketahui tentang ASI

August 2nd, 2017

Seperti Bunda tahu bahwa hari Pekan ASI Dunia akan diperingati pada tanggal 1-7 Agustus. Dan masih tentang ASI, nih. Apakah Bunda tahu bahwa ada fakta ajaib jika Bunda menyusui?

fakta ibu menyusui

Dikutip dari website nakita, ada banyak fakta ajaib terkait menyusui. Tentu saja Bunda harus mengetahuinya supaya makin semangat bila menyusui si bayi. Apa itu? Simak artikel berikut ini;

1. Percaya atau tidak, ketika bayi yang baru dilahirkan diletakkan ke dada Bunda, si bayi akan merangkak perlahan meraih puting payudara Bunda. Bayi akan merangkak tanpa dibantu sama sekali. Kemudian ia langsung menyusu dan mendapatkan cairan bernama kolustrum yang baik bagi si bayi.

2. Saat menyusui Bunda akan membakar 500 kalori. Jadi Bunda tak harus capek-capek untuk nge-gym. Tapi perlu diperhatikan, Bunda harus tetap mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang supaya bayi tetap sehat dan ceria seperti biasa.

3. Payudara implant tidak akan mengurangi kualitas dan kuantitas ASI. Bahkan, pada payudara implant masih bisa menyusui secara normal.

4. Tahukah bahwa pengenalan rasa pada bayi ada di saat bayi sedang menyusui? Sebab, ketika masa menyusui , si bayi juga akan merasakan rasa dari apa yang Bunda makan.

5. Semua ibu bisa memiliki ASI berlimpah tanpa memandang ukuran payudara. Karena volume ASI tergantung pada psikis, gizi dan isapan kecil si bayi. Semakin banyak bayi menyusu, semakin lancar ASI yang diproduksi.

6. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 2 dari 3 ibu menghasilkan ASI lebih banyak pada payudara kanan. Tapi bisa jadi hal ini karena bayi sering menyusu pada payudara sebelah kanan. Atau bisa juga bahwa sebagian besar Bunda memiliki banyak kelenjar susu pada payudara sebelah kanan.

7. Bunda tahu bahwa ASI memang keluar dari puting. Fakta ajaibnya, puting ternyata memiliki 10-20 lubang untuk mengeluarkan susu.

8. Kabar baik dari USA di mana salah satunya adalah hak perempuan untuk menyusui di tempat umum. Di dalam 49 negara bagian (Hukum ada di pihak Anda. 49 negara bagian, di ditambah Washington, DC, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat, sudah memberlakukan undang-undang menyusui. Sementara di Indonesia sendiri telah memiliki sebuah aturan yang mengatakan bahwa di ruang publik harus memiliki sebuah ruang pojok atau ruang khusus atau laktasi.

9. Tahukah bahwa perasaan bahagia Bunda adalah akibat dari menyusui si bayi? Sebab, ketika menyusui Bunda akan melepas hormon oksitosin. Di mana Bunda akan merasa bahagia dan makin sayang ketika menyusui si bayi.

10. Pada tahun 1960-an hingga awal 1970-an, angka menyusuo di Amerika Serikat sangat rendah yakni sampai 20%-25% saja. Tapi, untuk sekarang USA sedang gencar-gencarnya mengampanyekan ASI.

Komentar

BACA JUGA