10 Manfaat Baking Soda Untuk Keperluan Rumah Tangga

baking soda rumah tangga

Baking soda ternyata tidak hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah, tetapi juga sangat berguna untuk keperluan rumah tangga. Apa sajakah itu?

1. Pembersih Noda

Baking soda bisa untuk membersihkan noda yang membandel, terutama noda pada pakaian. Caranya adalah siapkan seperempat cangkir baking soda, campurkan dengan detergent, lalu gunakan untuk mencuci pakaian yang ada nodanya.

2. Membersihkan Toilet

Anda bisa menggunakan baking soda sebagai pembersih toilet untuk mengurangi kotoran dan kuman sehingga toilet bisa terbebas dari bakteri penyakit. Cara membersihkannya adalah sebagai berikut :

  • Taburkan baking soda bubuk ke toilet
  • Sikat menggunakan sikat toilet secara merata
  • Siram dengan air

3. Pembersih Buah Dan Sayuran

Agar buah-buahan yang dibeli dari pasar atau supermarket terbebas dari pestisida, Anda bisa membersihkannya dengan baking soda yang telah dicampurkan dengan air. Rendam buah dan sayuran di dalam campuran air dan baking soda tersebut selama 15 menit. Cuci bersih dengan air mengalir.

4. Membersihkan Serbet

Di dalam rumah, banyak tersedia lap pembersih debu dan juga pembersih peralatan rumah tangga seperti piring dan gelas. Kain pembersih itu disebut dengan serbet atau kain lap. Debu yang melekat pada kain lap, tidak bisa dinetralisir atau dihilangkan menggunakan air biasa. Anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan debu dan juga menghilangkan noda yang menempel di kain serbet tersebut. Caranya adalah dengan merendam serbet di dalam air rendaman yang telah dicampurkan dengan baking soda. Gunakan air hangat untuk merendamnya. Lalu cuci bersih dengan air mengalir.

5. Pembersih Microwave

Microwave akan sulit dibersihkan terutama jika di dalam microwave terdapat bahan makanan yang telah lengket dan kemudian mengering. baking soda bisa membersihkan sisa makanan yang biasanya menempel pada microwave lho. Caranya pun sangat mudah, tuangkan bubuk baking soda dan campurkan dengan air panas. Panaskan microwave selama dua menit. Cara ini lebih praktis dan lebih mudah untuk membersihkan microwave dibanding menggunakan cara lain yang lebih ribet.

6. Menghilangkan Noda Gosong dan Minyak

baking soda dapur

Bagian bawah panci atau bagian bawah peralatan masak rentan untuk terkena gosong atau hangus. Untuk mengembalikan kecantikan dan kemulusan alat masak, Anda bisa menggunakan baking soda. Caranya usapkan spon kawat ke dalam bubuk baking soda, kemudian gosokkan pada alat masak yang ada noda hangus atau gosongnya, tambahkan cuka/jeruk nipis/jeruk lemon sedikit, kerak noda gosong pun akan hilang dalam sekejap. Cara ini cocok dan bisa digunakan untuk ibu-ibu yang ingin mengembalikan kemulusan alat masaknya kembali.

7. Pemadam Api

Baking soda juga bisa digunakan untuk memadamkan api lebih cepat. Caranya adalah dengan menuang baking soda pada api yang menyala sebelum merembet ke ruangan lain.

8. Pembersih Saluran Pembuangan Air

Saluran pembuangan air tidak jarang akan tersumbat dengan sampah. Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan baking soda. Caranya adalah dengan menaburkan secangkir baking soda dan satu botol air yang berisi air panas ke saluran pembuangan. Saluran air pun bisa terbebas dari sampah dan menjadi normal kembali.

9. Menghilangkan Bau

Baking soda juga bisa digunakan sebagai penghilang bau. Bau bisa ada dimana saja terutama di dalam kulkas, kini Anda bisa memanfaatkan baking soda. Caranya adalah dengan menuangkan baking soda di dalam wadah yang terbuka. Simpan di dalam lemari es, maka kulkas pun akan terbebas dari bau dan terutama kesegaran makanan juga minuman yang ada di dalam kulkas akan tetap terjaga.

10. Pembersih Perhiasan

Emas dan perak kilaunya akan mudah hilang. Untuk mengembalikan kilaunya, Anda bisa menggunakan baking soda dengan cara menggosokkan baking soda tersebut ke emas dan perhiasan yang Anda miliki. Diamkan selama lima menit, bersihkan menggunakan air. Perhiasan pun akan kembali mengkilat seperti sedia kala.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE