10 Penemu Muslim Yang Wajib Diketahui Anak-Anak

Saat ini, identitas Islam yang sejati kian terkikis di benak anak-anak, remaja dan juga sebagian orang dewasa. Banyak di antaranya yang tidak mengenal sejarah Islam dan ilmunya dengan baik karena terlena oleh kesibukan dunia yang fana.

Selama ini anak-anak mungkin hanya mengetahui penemu-penemu asal Barat saja yang tercantum dan di pelajari di buku-buku sekolahnya. Namun, tahukah Anda bahwa Islam memiliki banyak penemu-penemu terhebat? Bahkan mereka adalah peletak fondasi di peradaban modern saat ini. Penasaran siapa sajakah mereka? Ini dia biografi singkatnya.

1. Abbas bin Firnas : Orang Pertama yang Terbang di Udara

Abbas ibn Firnas

Kisah Abbas bin Firnas sebagai orang pertama yang terbang diudara menjadi sebuah kisah yang wajib diceritakan jika Anda memiliki anak yang cenderung menyukai burung, pesawat dan luar angkasa. Abbas tidak hanya berkarya dalam bidang penerbangan, tetapi ia juga dikenal sebagai ahli sastra, music dan juga astronomi. Jika Anda berencana berlibur dan ingin memperkenalkan siapa Abbas bin Firnas, Anda bisa berkunjung ke Cordoba, Spanyol dimana di sana terdapat patung Abbas bin Firnas. Patung tersebut dibuat untuk menghormati karya dan dedikasinya dalam dunia kedirgantaraan.

2. Al Jazari : Sang Insinyur Mesin

aljazari

Jika anak Anda lebih tertarik pada bisang permesinan, maka kenalkanlah Al Jazari. Karyanya membuat Al Jazari terkenal ke seantero dunia. Al Jazari berhasil menciptakan mesin pompa air di mana tujuan awal pembuatan mesinnya ini adalah ingin mempermudah umat Islam untuk berwudlu. Berkat Al Jazari lah, orang-orang di Turki abad ke-12 mampu beribadah dengan lebih nyaman (menurut catatan sejarah).

3. Ibnu Sina : Bapak Kedokteran

ibnu sina

Ibnu Sina mampu telah banyak melakukan berbagai operasi bagi orang yang sakit. Salah satu yang terkenal adalah operasi tulang. Padahal ia hidup di abad ke-11 saat teknologi belum semaju sekarang. Jika anak-anak sangat tertarik dengan dunia kedokteran, maka ceritakanlah tentang kisah Ibnu Sina kepada mereka.

4. Abu Al Qasim Al Zahrawi : Dokter Sekaligus Perancang Alat Bedah

al zahrawi

Al Zahrawi adalah seorang dokter bedah yang telah merancang banyak peralatan bedah pada abad ke-10. Hasil temuannya ini masih digunakan hingga saat ini, hanya saja dengan sedikit perubahan. Saat anak tertarik dengan bagian-bagian organ dalam makhluk hidup, ceritakanlah bagaimana tekunnya Al Zahrawi hingga bisa membuat perlatan bedahnya sendiri dan bisa digunakan oleh beberapa zaman.

5. Fatima Al Fihri : Ibu Pendiri Universitas

Fatima al fihri

Emansipasi wanita baru ada di Barat pada abad ke-19. Sementara sejak Islam lahir, kaum wanita sudah menjadi orang yang terpelajar dan terpandang. Contohnya saja Aisyah binti Abu Bakar. Beliau merupakan salah satu orang yang paling banyak ditanya tentang masalah kehidupan sehari-hari. Bukan hanya ditanya oleh kaum wanita, banyak juga kaum adam yang mengonsultasikan masalah mereka padanya. Jika Anda menginginkan anak perempuan Anda rajin belajar, maka ceritakanlah tentang kisah Fathima Al Fihri.

6. Ibnu Al Haytham : Penemu Cara Kerja Optik

ibnu al haytham

Pernahkah anak Anda bertanya bagaimanakah kita bisa melihat? Bagaimanakah Allah membuat mata kita bisa bekerja? Pertanyaan ini yang berhasil dijawab oleh Ibnu Al Haytham. Hasil penelitiannya ini yang menjadi dasar kerja kamera yang ada di ponsel Anda saat ini. Saat anak-anak senang dengan dunia fotografi dan dilm, maka kisah Ibnu Al Haytham sangat tepat untuk diceritakan.

7. Ibnu Battuta : Sang Penjelajah Dunia

ibnu battuta

Ibnu Battuta hidup pada abad ke-14 dengan nama asli Abu Abdullah Muhammad ibn Abdullah Al Lawati Al Tanji Ibn Ibn Battuta. Pada usianya yang menginjak 21 tahun, Ibnu Battuta mulai melakukan perjalanan ke 44 negara (selama 29 tahun lamanya), mulai dari Afrika, Mesir, Suriah, Persia, Teluk Arab, Anatolia, Turkistan, Afghanistan, India, Maladewa, Srilanka, Bengal, Sumatera, Tiongkok, Sardinia, dan Spanyol.

8. Jabir Ibn Hayyan : Pengembang Aroma Parfum

jabir ibn hayyan

Kalau anak Anda menyukai percobaan kimia, Ibnu Hayyan inilah yang membuat proses sublimasi, pencairan, kristalisasi, distilasi, pemurnian, oksidasi, dan berbagai percobaan kimia lainnya.

9. Koca Mimar Sinan : Sang Arsitek

Koca Mimar Sinan

Anak Anda bercita-cita untuk menjadi arsitek? Kenalkanlah dengan Sinan, arsitek besar abad ke-16. Sinan ini bernama lengkap Koca Mimar Sinan, ia berasal dari keluarga Kristen Ortodoks Yunani namun mendapat hidayah dan akhirnya memeluk agama Islam. Sinan telah membangun lebih dari 470 bangunan megah di zaman Turki Utsmani. Karya besarnya adalah Masjid Selimiye di Edime. Masjid Selimiye ini memiliki menara antigempa tertinggi di Turki.

10. Laksamana Cheng Ho : Pelaut yang Menjelajah Dunia

Laksamana cheng ho

Laksamana Cheng Ho ini sangat terkenal di Indonesia. Ia datang ke Nusantara dan 37 negara lainnya dengan membawa pesan perdamaian. Berbeda dengan Vasco da Gama maupun Christopher Colombus yang datang untuk menjajah negeri yang didatangi. Justru negeri yang dikunjungi oleh Cheng Ho menjadi Negara yang lebih makmur karena pesan dakwah Islam yang menyebarkan kedamaian dan kebenaran.

Itulah ke-10 cerita biografi tokoh besar Islam yang mungkin bisa menjadi inspirasi sebagai dongeng sebelum tidur pada anak. Kisah-kisah tersebut diharapkan mampu membuat mereka bangga pada agamanya sendiri dan termotivasi untuk berkarya seperti para penemu tersebut.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE