17 Makanan Pelancar Produksi ASI

17 Makanan Pelancar Produksi ASI, asi, www asi, pelancar asi, makanan pelancar asi

Setiap Ibu menginginkan produksi Air Susunya (ASI) lancar agar bisa memenuhi kebutuhan bayi saat dilahirkan. Berbagai kecemasan akan hal ini terkadang bisa menghambat lancarnya ASI yang keluar, oleh sebab itu Ibu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang dipercaya bisa membantu melancarkan ASI. Apa sajakah makanan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Pare

Makanan yang termasuk ke dalam golongan sayuran ini sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan. Pare juga mampu meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah serta meningkatkan penyerapan zat besi.

2. Pepaya

Buah ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Merawat balita cukup menguras tenaga sehingga bila Anda kekurangan kalium, maka akan merasa cepat lelah. Kekurangan kalium juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui merupakan masa di mana Anda perlu berpikiran positif dan bahagia.

3. Semangka

Buah semangka sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada Ibu menyusui dimana sang Ibu memerlukan satu setengah kali lipat lebih banyak dibanding perempuan yang tidak menyusui. Kadar air yang tinggi pada buah semangka sangat baik untuk menjaga asupan cairan tubuh tetap terpenuhi.

4. Ubi

Tanaman merambat Ubi yang berwarna oranye sangat baik lho untuk dikonsumsi oleh Ibu menyusui. Gizi yang terkandung di dalam Ubi oranye ini sangat baik untuk si buah hati. Dengan mengonsuminya secara teratur dapat membuat aliran ASI menjadi lancar dan membuat bayi cepat kenyang saat menyusui.

5. Wortel

Sayur wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi, terutama beta karoten. Sejak jaman dahulu, wortel terkenal mampu meningkatkan produksi ASI lho. Jus atau tumis wortel bisa menjadi pilihan Bunda untuk dikonsumsi saat makan.

6. Asparagus

Asparagus memiliki kandungan zat yang bisa mempertahankan pasokan ASI sehingga produksinya tetap lancar dan mampu memenuhi kebutuhan bayi, tanpa harus menambahkan susu formula.

7. Kacang Hijau

Kacang hijau ini adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi setiap harinya. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi yang baik untuk tumbuh kembang bayi dan mencegah bayi terkena anemia.

8. Bayam

Bayam kaya akan fitoestrogen yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang ASI agar produksinya maksimal.

9. Jambu Air

Buah yang kadar airnya cukup tinggi pada jambu air ini bersifat mendinginkan sehingga bisa memberikan rasa menenangkan saat dimakan. Jambu air ini juga bisa menetralisir rasa tertekan pada Ibu pasca melahirkan.

10. Oat

Oat ternyata sangat bermanfaat untuk memperkaya kandungan ASI, menurunkan kadar kolestrol dan mengurangi resiko penggumpalan darah.

11. Labu Siam

Labu siam mengandung vitamin C, B kompleks dan beberapa mineral seperti fosfor, seng dan tembaga.

12. Edamame

Makanan yang termasuk ke dalam golongan kacang-kacangan ini smengandung protein yang sangat tinggi, begitu juga dengan kandungan vitamin serta mineral yang ada di dalamnya cukup untuk melancarkan produksi ASI. Kandungan vitamin A, B dan C serta kalsium dalam Edamame juga bisa membantu tubuh dalam menjaga kesehatan Bunda saat menyusui sehingga tidak mudah sakit.

13. Almond

Manfaat dari kacang almond salah satunya adalah mampu melancarkan ASI, kandungan kalsium di dalamnya juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

14. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini sangat dipercaya mampu melancarkan ASI sejak berabad-abad lalu. Anda tidak perlu mengonsumsinya secara langsung atau mentah-mentah, karena cukup dengan digunakan sebagai bumbu dalam beragam masakan.

15. Fenugreek

Makanan ini sangat kaya akan fitoestrogen. Hal inilah yang menyebabkan makanan ini begitu populer di Eropa. Kandungan serat dan saponinnya yang tinggi juga dapat mengatasi sembelit yang sering dialami oleh Ibu-ibu pasca melahirkan.

16. Flaxseed

Makanan ini mengandung galaktogogus yang sudah terbukti mampu melancarkan ASI. Flaxseed ini juga termasuk ke dalam golongan superfood yang dikenal memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan.

17. Daun Katuk

Daun katuk sudah lama terkenal sebagai salah satu makanan pelancar ASI. Daun katuk mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai dengan 19%. Daun katuk ini kaya akan vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karoten), vitamin B, dan vitamin C.

Bahan pangan pelancar ASI sebenarnya banyak yang ada di sekitar kita. Bunda bsia mengonsumsinya secara langsung ataupun dengan mengolahnya terlebih dahulu. Jika Bunda menghendaki makanan pelancar ASI yang enak dan praktis, Anda bisa membeli makanan pelancar ASI yang sehat yang kini sudah banyak dipasarkan secara online. Ada yang berbentuk cookies, brownies hingga cokelat.

Selain yang telah dibahas diatas ada beberapa bahasan yang sejalan dengan kata-kata berikut; cara memperbanyak asi, makanan penambah asi, memperbanyak asi, obat pelancar asi, cara memperlancar asi, makanan untuk memperbanyak asi, agar asi banyak, cara melancarkan asi, makanan yang baik untuk ibu menyusui, buah yang baik untuk ibu menyusui, cara memperbanyak asi lagi, ibu menyusui, cara memperbanyak asi, makanan penambah asi, memperbanyak asi, menyusui, cara memperlancar asi, susu ibu menyusui, makanan untuk memperbanyak asi, agar asi banyak, cara melancarkan asi, laktasi

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE