4 Manfaat Besar Pijat Bayi Bagi Kesehatan Anak

February 3rd, 2018

Pada beberapa tradisi di Indonesia, pijat pada anak sudah menjadi bagian tradisi yang penting. Hal ini terus diturunkan dari orang tua ke anak terus ke cucu dan seterusnya. Di usia tertentu, bayi akan di bawa oleh orang tua ke dukun bayi ataupun sesepuh desa untuk dipijat. Biasanya anak-anak yang setelah dipijat akan lebih tenang dan tidurnya pulas.

Baby massage

Lantas apakah pijat diizinkan secara medis? Hal ini masih menjadi perdebatan bagi banyak kalangan. Namun, di beberapa rumah sakit gempar mengkampanyekan pijat untuk bayi. Melihat manfaat yang terlihat jelas pada bayi tentu banyak orang tua yang setuju jika pijat sangat berguna untuk bayi. Namun tak sedikit pula orang tua yang menganggap bahwa bayi masih rapuh dan belum waktunya menerima pijatan.

Pijat nyatanya juga bisa berbahaya, hal ini berkaitan dengan resiko kesehatan bayi itu sendiri. Oleh sebab itu pijat pada bayi lebih baik diserahkan pada ahli yang sudah dipercaya dan bersertifikat. Asalkan pijat dilakukan dengan baik dan benar, pijat dapat memberikan banyak dampak positif. Berikut manfaat pijat bagi bayi:

1. Pijat dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh

Memijat bayi tentunya memperlancar peredaran darah. Ketika darah beredar dengan baik, supplay oksigen akan maksimal. Hal ini mempengaruhi kebugaran tubuh anak. kebugaran meningkatkan aktifnya anak dalam melakukan kegiatan di kehidupan sehari-hari.

2. Meningkatkan system imun dalam tubuh

Jika pijat dilakukan oleh seorang professional, tidak menutup kemungkinan bahwa system imun tubuh seorang anak akan meningkat dan menjadi maksimal.

3. Menghilangkan kelelahan

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi yang dipijat dapat menghilangkan kelelahan. Anak-anak dan bayi sering kali banyak bertingkah sehingga membuat tubuhnya kelelahan dan dapat berujung sakit demam ringan. Setelah dipijat, anak-anak akan menjadi lebih rileks dan bugar.

4. Memulihkan system pernafasan

Apabila anak dipijat dengan baik dan berhati-hati, maka pijat dapat memulihakan fungsi dan kinerja system pernafasan anak dan bayi.

Dilihat dari banyaknya manfaat yang didapat dengan memijat anak atau bayi tentu akan membuat orang tua tak perlu khawatir. Namun, yang perlu diperhatikan ialah siapa yang memijat anak Anda, apakah ia memiliki sertifikat professional atau dukun bayi yang sudah bertahun-tahun menangani pijat bayi. Semua diserahkan kepada Anda sebagai orang tua.

Komentar

BACA JUGA