4 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Bayi Dalam Kandungan

February 10th, 2018

Bagi ibu milenial, mungkin sering mendengar bahwa mendengarkan music klasik pada bayi dalam kandungan dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. Hal tersebut ternyata sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Music klasik sangat bermanfaat bagi bayi dalam kandungan, namun belum banyak ibu hamil yang mengetahuinya. Oleh sebab itu, disini kita akan membahas manfaat music klasik bagi bayi dalam kandungan:

manfaat musik klasik bagi ibu hamil

1. Membantu bayi dalam belajar sejak usia dini

Penelitian yang dilakukan oleh dokter mengatakan bahwa bayi yang mendengarkan irama dan nada secara rutin sebelum anak dilahirkan ke dunia akan membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar.

Saat janin belum lahir, merupakan masa yang efektif untuk melakukan stimulasi langsung ke dalam kandungan. Kemudian setelah lahir, bayi akan mulai mendengarkan pola suara melalui idera pendengarannya.

2. Membantu belajar menikmati lagu dan melodi

Ketika masih dalam kandungan, bayi akan belajar mendengarkan melodi dari detak jantung ibu. Bayi yang belum lahir ke dunia akan dapat tidur terus dengan tenang tanpa harus terganggu meski otaknya mendengar dan menangkap bunyi secra berulang-ulang.

3. Membantu berkomunikasi dengan baik

Anak-anak yang mendengarkan music klasik dalam kandungan dapat berguna bagi masa depannya karena nantinya ia akan dapat berkomunikasi dengan baik. Ketika dalam kandungan, music yang didengarkan menjadi acuan untuk selalu mendapatkan informasi.

4. Membantu bayi agar lebih aktif

Irama yang melekat di music klasik akan mempengaruhi denyut jantung ibu, sehingga syaraf motoric bayi akan lebih aktif jika mendengarkan music klasik sehingga bayi akan lebih aktif bergerak. Tidak sampai disitu saja, bayi ketika telah dilahirkan juga akan menjadi lebih aktif.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan music klasik bagi bayi dalam kandungan. Music klasik yang sering diperdengarkan ialah karya Mozart dan Beethoven. Ada banyak manfaat yang terjadi pada bayi yang sejak dalam kandungan telah diperdengarkan music klasik. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh meremahkannya.

Dengan manfaat yang besar tersebut, tidak ada salahnya bagi para bunda untuk mengajak ayah mendengarkan musik klasik bersama selama di rumah. Iya, kan?

Komentar

BACA JUGA