4 Manfaat Mendengarkan Musik yang Bisa Diperoleh Anak

Untuk merangsang otak kanan anak-anak, salah satu cara yang mudah dan menyenangkan ialah dengan mendengarkan music. Ada banyak lagu anak-anak yang cocok di dengarkan untuk anak usia dini. Lagu sendiri nyatanya memiliki manfaat psikologis.

manfaat mendengarkan lagu

Lagu anak yang populer ialah lagu yang dikeluarkan tahun 80-90an seperti lagu balonku, bintang kejora, anak kambing saya, dan masih banyak lainnya. Lagunya yang ceria dan lirik yang mudah diingat menggugah kebahagian anak-anak, terlebih jika dinyanyikan bersama-sama. Berikut manfaat psikologis lagu anak:

1. Meningkatkan keterampilan anak

Menurut beberapa penelitian, saat anak mendengarkan lagu anak, akan menguatkan jaringan saraf dalam otak. Jaringan otak tersebut membuat anak memiliki ketrampilan dalam beberapa hal seperti keterampilan bermain music, ketrampilan menulis atau ketrampilan berbicara.

2. Mengajarkan hal positif kepada anak

Sebagai orang tua, tentunya ingin agar anaknya mendapat banyak hal positif yang diterapkan untuk kehidupan sehari-hari anak. Dari lagu anak, anak-anak dapat belajar hal positif melalui liriknya seperti lagu mandi pagi, dimana dalam liriknya dituliskan berbagai hal positif setelah bangun tidur, hingga membersihkan tempat tidur. Ada banyak lagi lagu anak yang mengajarkan hal positif terkait kehidupan sehari-hari.

3. Mendorong kreativitas dan imajinasi anak

Apa kaita dari lagu anak dengan kreativitas dan imajinasi? Tentu ada dimana dalam lirik lagu, anak-anak akan berimajinasi dengan lirik yang tertulis. Misalnya lagu pelangi dimana liriknya menyatakan “merah kuning hijau, di langit yang biru” tentu hal ini akan membuat anak berimajinasi akan penggambaran lirik lagu tersebut. Semakin baik kemampuan berimajinasi, maka kemampuan berkreasi akan semakin baik.

4. Membantu anak lebih mengenali lingkungan

Dengan lagu anak, anak-anak dapat mengenali lingkungan berdasarkan lirik yang dikandungnya. Ambil contoh lagu naik-naik ke puncak gunung, lihat kebunku, bintang kecil dan lain-lain. Dimana di dalam lirik tersebut menyebutkan deskripsi singkat akan tempat-tempat tertentu. Dengan begitu, ketika anak-anak mendengarkan lagu tersebut, sangat membantu mengenali kondisi lingkungannya.

Di era modern ini, lagu anak-anak terkadang hanya diperdengarkan ketika di sekolah saja. di atas merupakan manfaat mendengarkan lagu anak pada anak-anak, sehingga disarankan agar anak-anak lebih banyak mendengar lagu anak-anak daripada mendengar lagu orang dewasa.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE