4 Pilihan Olahraga Bersama Anak yang Sehat dan Menyenangkan

Saat cuaca hujan seperti ini, Bunda pasti bingung bagaimana caranya untuk tetap berolahraga jika di luar sedang hujan. Sebab, olahraga sangat baik untuk kesehatan anak. Apalagi anak sedang pada tahap tumbuh kembangnya dan Bunda bingung bagaimana cara untuk membatu si kecil untuk tumbuh sehat. Padahal masih ada cara lain untuk berolahraga di dalam ruangan. Dikutip dari web ibudananak, berikut ini 4 olahraga yang bisa dilakukan bersama anak;

olahraga bersama anak

1. Senam

Salah satu olahraga yang paling mudah saat dilakukan bersama anak adalah senam. Bunda bisa berperan seolah-olah menjadi instruktur senam, arahkan gerakan-gerakan senam pada si kecil. Gerakan-gerakan ederhana yang bisa ditiru si kecil ini bisa diiringi dengan lagu kesukaan si kecil agar lebih bersemangat. Atau putar video senam sederhana dan lakukan bersama dengan si kecil.

2. Lempar bola

Melatih motoric dan ketangkasan si kecil juga bisa dilakukan di dalam rumah. Caranya, dua tim duduk berhadapan sekitar 1-3 meter untuk permainan lempar-tangkap bola. Satu tim harus melempar bola dan yang lain harus menangkapnya dengan tepat.

Bila satu tim tidak bisa menangkap dengan benar maka akan diberi satu poin, misalnya. Tentukan jumlah maksimal poin yang harus didapatkan seorang pemenang. Misalnya saja jika sudah mencapai sepuluh poin, maka dialah yang menjadi pemenangnya. Akan lebih menarik lagi bila banyak orang yang memainkannya.

3. Lompat tali

Lompat tali adalah olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Selain itu, Bunda akan melatih keseimbangan tubuh dan ketahanan otot si kecil. Peralatannya pun cukup mudah dan murah. Bunda hanya perlu membeli tali skipping atau memanfaatkan tali gelang yang dirangkai menjadi tali.

Ajaklah si kecil melompati tali sebanyak-banyaknya. Memang awalnya si kecil akan kaku dan sulit untuk melakukannya. Namun, ketika sudah mahir, ajak si kecil untuk melompat bersama Bunda dalam satu tali. Tentunya itu lebih menarik lagi, bukan?

4. Hula hoop

Permainan lainnya yang dikategorikan sebagai olahraga yang bisa dilakukan di dalm ruangan adalah hola hoop. Bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain hula hoop bersama. Sama seperti lompat tali yang butuh latihan dulu, hula hoop juga perlu kesabaran untuk bisa mahir memainkannya.

Permainan hula hoop akan mengajarkan anak untuk fokus dan melatih keseimbangannya. Ia akan fokus dan menyeimbangkan hulahoopnya agar tidak jatuh.

Setelah membaca artikel di atas, hujan sudah bukan alasan lagi untuk tidak berolahraga. Lakukan olahraga-olahraga sederhana ini di rumah Bunda. Cukup berlatih dengan olahraga di atas, Bunda sudah membantu si kecil untuk menjadi anak yang sehat dan kuat. Jadi, sudah berolahraga bersama si kecilkah hari ini?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE