4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

November 14th, 2017

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada usia anak-anak. Kantung mata pada anak akan membuat Anda khawatir karena merasa si anak terlihat ngantuk lelah dan tidak segar. Maka dari itu ketahui penyebab dan cara untuk mengatasi kantung mata. Dikutip dari web ibudanbalita, berikut ini penyebab dan cara mengatasi kantung mata hitam pada si kecil;

kantung mata anak

1. Alergi

Kantung pada anak bisa saja terjadi bila si kecil mengalami alergi pada sesuatu. Contohnya saja udara, obat-obatan atau makanan. Lingkaran hitam di bawah mata si kecil bisa terjadi hanya sementara saja. Tetapi beberapa kasus, lingkaran hitam di bawah mata si kecil bisa terjadi berulang-ulang.

Cara mengatasinya adalah menghindari penyebab terjadinya alergi si kecil. Contohnya saja bila si kecil alergi udara kotor, maka jauhkan si kecil pada lingkungan kotor dengan cara selalu membuat rumah selalu bersih dan nyaman. Jika penyebab alerginya adalah obat-obatan, Bunda bisa berkonsultasi dahulu pada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

2. Pigmen kulit tidak merata

Beberapa anak mungkin memiliki pigmen yang tidak rata, yang mana warna kulit tidak sama dengan warna kulit bagian tubuh yang lain, misalnya saja di area wajah. Akibatnya salah satu bagian wajah terlihat lebih gelap daripada bagian wajah lainnya.

Cara mengatasinya yaitu dengan berkonsultasi pada ahli dermatologis atau dokter kulit. Umumnya, ahli akan memberikan salep atau perawatan pada kulit anak dalam jangka waktu tertentu agar warnanya lebih merata.

3. Sering terpapar sinar matahari

Kantung mata hitam yang membuat anak terlihat lemas dan lesu itu bisa juga muncul karena si anak sering terpapar sinar matahari langsung dengan jangka waktui tertentu. Pada saat kulit si kecil mendapat sinar matahari, melanin pada tubuh si kecil bereaksi dan menyebabkan kulit menghitam di beberapa tempat termasuk di bawah mata.

Cara mengatasinya dengan membatasi waktu si kecil saat bermain di bawah terik matahari. Sebaiknya si kecil bermain saat matahari belum mengeluarkan sinar teriknya seperti di pagi atau sore hari. Gunakan topi untuk melindungi matanya agar tidak silau sebagai salah satu cara untuk mencegah kantung mata hitam si kecil.

4. Kurang asupan zat besi

Tubuh si kecil lkan mudah lelah dan cepat terserang penyakit bila si kecil kekurangan zat besi dalam tubuh. Sehingga kantung mata bisa saja hadir ketika anak lelah dan sakit.

Cara mengatasinya adalah memenuhi kebutuhan zat besinya agar si anak aktif dan daya tahan tubuhnya meningkat. Makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran, ikan dan kacang-kacangan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sehingga kebutuhan zat besi dalam tubuh anak bisa tercukupi dengan baik.

Itulah 4 tips menghilangkan kantung mata pada si anak. Semoga bermanfaat ya, Bunda!

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...