5 Alasan Kenapa Anak Harus Memiliki Hewan Peliharaan

hewan peliharaan vs anak, manfaat hewan peliharaan, manfaat kucing bagi anak, manfaat memelihara anjing bagi anakApakah Anda tahu, hewan peliharaan dapat membawa pemiliknya baik muda dan tua banyak sukacita. Bermain dengan anjing, membelai kucing yang mendengkur, mendengarkan cuitan burung, atau hanya memandangi ikan di kolam bisa jadi sangat menyenangkan. Jadi jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi hewan peliharaan dirumah, maka berikut ini adalah beberapa alasan untuk mendukung keinginan Anda tersebut;

1. Dengan memiliki hewan peliharaan anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan, seperti orang, membutuhkan makanan, tempat tinggal, olahraga, dan cinta, dan ini dapat mengajarkan balita tentang empati dan kasih sayang. Si kecil dapat diberikan tugas untuk merawat hewan peliharaannya seperti menuangkan makanan ke mangkuk, atau membersihkan tempat tidur hewan kesayangannya sehingga ia belajar bertanggung jawab. Ia juga akan belajar menjadi baik dan lembut.

2. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak dengan hewan peliharaan memiliki tingkat percaya diri lebih tinggi. Mengapa? Mungkin karena mereka memiliki teman bermain dan berbicara yang tidak menghakimi ketika tidak ada orang lain disekitarnya, hewan peliharaan lah yang berada di sampingnya dan menemaninya. Ketika anak Anda mulai sekolah, hewan peliharaan Anda bahkan dapat meningkatkan keterampilan akademisnya. Si kecil akan lebih cekatan.

3. Para ahli mengatakan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki alergi atau paparan bakteri tertentu. Tentu saja, ini tidak berlaku bagi beberapa anak yang memiliki alergi terhadap bulu hewan – jadi sebelumnya periksa terlebih dahulu apakah anak Anda memiliki riwayat alergi hewan tertentu daripada mengambil resiko sebelum memutuskan untuk mengadopsi hewan peliharaan.

4. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung jarang sakit – pada kenyataannya, sebuah studi 2012 ditemukan fakta bahwa anak-anak yang hidup dengan anjing umumnya lebih sehat selama tahun pertama kehidupan mereka, dengan masalah pernapasan lebih sedikit dan infeksi telinga lebih rendah dibandingkan anak-anak lain.

5. Keuntungan lain jika memiliki hewan peliharaan dapat menurunkan stres. Menyikat, menepuk, atau membelai makhluk berbulu dapat menurunkan tingkat stres, dan itu tidak hanya berlaku bagi anak namun bagi seluruh anggota keluarga, baik ibu, ayah dan anggota keluarga lainnya.

Gambar : www.findadogminder.com.au

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE