5 Cara Efektif Mengatasi Anak Susah Makan

September 16th, 2017

Moms, anak-anak kerap kali menolak ajakan untuk makan, padahal seperti yang kita ketahui makanan merupakan salah satu cara anak dapat tumbuh kembang dengan cepat melalui nutrisi yang dikandung oleh makanan. Anda sebagai orang tua pasti kebingungan dengan kesulitan ini. Ada banyak cara yang dapat moms lakukan agar anak-anak dapat makan dengan baik dan mendapat asupan gizi seimbang.

anak susah makan

Berikut cara mengatasi anak-anak yang susah makan:

1. Beri anak Anda porsi makan yang sesuai dengan usia dan perkembangan tubuhnya. Jika anak moms merasa kurang, ia boleh meminta tambah. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak sebisa mungkin mendapat asupan gizi yang sesuai dengan tumbuh kembangnya dan akan lebih baik lagi jika si kecil menambah porsi makannya.

2. Gunakan kreasi Anda dalam menata makanan atau bentuk makanan. Anak-anak suka sekali melihat tampilan luar makanan, jika dirasa tampilan makanan itu menarik kemungkinan besar si kecil akan langsung lahap makan. Usahakan Anda selalu mengkreasikan segala macam bentuk akan lebih baik jika mengkreasikan makanan dengan karakter yang ia sukai.

3. Buatlah acara makan yang menyenangkan. Acara yang menyenangkan dapat Anda lakukan ketika si anak sedang bermain atau memberinya reward apabila si kecil dapat menghabiskan makanannya.

4. Jangan sering menyuguhkan anak-anak dengan snack kemasan. Apabila si kecil susah makan kadang banyak moms yang menyuguhkan snack kemasan pada si kecil agar mau makan. Namun hal ini sebaiknya dihindari sebab anak-anak akan menjadi ketagihan dan sulit lepas dari kebiasaan ini. Berikan camilan buah-buahan sebagai kudapan ringan.

5. Jangan memburu anak agar makan cepat. Anak kecil memiliki pola konsumsi yang masih kecil sehingga apabila si kecil tidak dapat makan dengan cepat Anda tak perlu menyuruhnya untuk cepat melahapnya. Apabila si kecil dipaksa maka besar kemungkinan si kecil merasa bahwa kegiatan makan sangat tidak menyenangkan.

Ada banyak cara mengatasi si kecil agar mau makan. Namun, tetap usahakan mengontrol gizi dari makanan yang dikonsumsi si kecil. Apalagi, mereka masih dalam tahap pertumbuhan dan asupan nutrisi yang sehat sangat penting bagi mereka.

Komentar

BACA JUGA