5 Cara Efektif Mengatasi Gangguan Morning Sickness Bagi Ibu Hamil

September 27th, 2017

Kehamilan yang pertama kerap kali membuat ibu muda mengkhawatirkan banyak hal. Salah satunya morning sickness. Morning sickness ialah mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil, hal ini merupakan kejadian alami. Meski begitu morning sickness yang terjadi pada ibu hamil terkadang sangat mengganggu berbagai kegiatan termasuk istirahat.

Seperti namanya, morning sickness kerap hadir ketika pagi hari, namun jika gangguan morning sickness parah maka dapat pula terjadi ketika malam hari sehingga mengganggu waktu istirahat Anda. Berikut cara mengatasi morning sickness:

Morning Sickness

1. Makan dalam porsi kecil

Makan merupakan kegiatan pemenuhan kebutuhan gizi untuk calon buah hati. Dengan makan porsi kecil Anda dapat meminimalisir muntah dan mual. Makan dalam porsi kecil dapat Anda lakukan bertahap dan sering dan yang pasti kebutuhan gizi wajib dipenuhi. Makan dalam porsi banyak akan membuat perut mudah merasa mual.

2. Beri jeda ketika bangun pagi

Membuat jeda pada tubuh ketika bangun tidur ampuh mengurangi morning sickness. Ketika bangun tidur lebih baik Anda tidak beranjak dari tempat tidur dan sebisa mungkin menggerakan tubuh Anda di tempat tidur dengan peregangan yang membuat tubuh Anda merasa nyaman. Dan jika Anda bias, Anda dapat memakan sedikit biscuit ketika bangun di pagi hari.

3. Menghindari makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas dan berlemak tak hanya tidak baik untuk kesehatan janin, namun juga dapat memperparah morning sickness. Memakan makanan berlemak di siang hari dapat membuat Anda cepat merasa mual dan muntah begitu juga makanan pedas.

4. Minum campuran cuka dan teh

Cuka merupakan cairan yang dapat mengeringkan air liur berlebih di mulut. Air liur berlebih juga dapat mengakibatkan perasaan mual. Campurkan minuman teh dengan satu hingga dua sendok teh kedalam minuman teh dan minum di pagi hari. Tidak perlu sering meminumnya Anda dapat meminumnya 3 hari sekali.

5. Lakukan hal yang menyenangkan

Melakukan hal yang membuat Anda senang membuat morning sickness dapat diatasi secara alami. Selain hal yang menyenangkan, Anda juga dapat melakukan hal yang membuat Anda nyaman dan merasa tenang.

Hal diatas merupakan cara mudah mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Moms, ibu hamil dapat mengalami morning sickness berbeda lamanya. Yang paling sering ialah kehamilan di bulan pertama hingga keempat, bukan berarti kehamilan kedelapan Anda tak akan merasakannya. So, moms tak perlu khawatir untuk mengatasi morning sickness.

Komentar

BACA JUGA