5 Cara Mendidik Anak Menggambar yang Perlu Diketahui Orang Tua

February 2nd, 2018

Kegiatan menggambar dan mewarnai adalah hal yang penting bagi anak-anak. Kegiatan ini dapat merangsang fungsi penting dalam pengembangan fisik, emosi dan kognitif anak. Selain sebagai sarana mengeskpresikan diri dengan gambar yang ingin digambar atau yang ia sukai nayatanya menggambara mampu membantu tumbuh kembang otak kanan anak-anak.

anak menggambar

Karenanya, membimbing anak-anak dalam perihal menggambar harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh perhatian. Berikut beberapa cara untuk membimbing anak menggambar yang mungkin dapat Anda terapkan pada si kecil:

1. Sediakan bahan untuk menggambar

Ketika peralatan menggambar anak lengkap, terkadang membuat anak menjadi bersemangat untuk menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam bentuk gambaran.

2. Jadilah teladan

Jika Anda ingin membuat anak tertarik menggambar ialah berikan contoh bahwa Anda juga tertarik dengan gambar atau menggambar. Anda tak perlu mendikte apa yang harus diggambar oleh anak, sebab hal ini hanya akan membuat anak tertekan terlebih jika hasil gambrannya tidak memuaskan.

3. Beri dukungan

Dukungan disini dapat berupa pujian atas karya yang telah ia buat. Meski gambar ataupun warna tidak sempurna, tetap berikan pujian dan setelah itu berikan nasehat akan baiknya. Pujian bagi anak-anak dapat memberikan rasa semangat dan percaya diri serta bangga yang akan membuat anak-anak akan terus mengulangi hal yang sama.

4. Biarkan anak menjelaskan apa yang digambarnya

Ketika anak menggambar, lebih baik bertanya “tolong ceritakan apa yang kamu gambar, mama ingin tahu” pertanyaan ini akan membuat anak berkomunikasi serta berani menceritakan ide yang ia tuangkan. Jangan bertanya “apa yang kamu gambar?” secara tak langsung hal ini seperti sindiran terhadap anak Anda sehingga kemungkinan ia akan merasa malu dan tak percaya diri.

5. Hargai karyanya

Ketika anak selesai menggambar dan mewarnai, cara terbaik mengapresiasi karyanya ialah menempelkan gambar anak di dinding atau pintu lemari es. Hal ini dapat mendorong anak menjadi pribadi yang percaya diri.

Namun, sebagai orang tua juga wajib paham bahwa tidak semua anak memiliki kegemaran menggambar dan mewarnai. Setiap anak memiliki keinginan serta bakat di bidang masing-masing. Meski menggambar dapat merangsang syaraf motoric anak, bukan berarti anda mewajibkan anak harus panda menggambar. Lebih baik kenali sedari awal bakat yang ia miliki.

Komentar

BACA JUGA