5 Cara Sederhana dan Tepat untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Sudah menjadi rahasia umum kalau tubuh seorang wanita mengalami penambahan berat badan secara signifikan setelah proses kelahiran. Oleh karena itu, banyak wanita yang mencoba beragam jenis diet atau bahkan melakukan olahraga berat untuk bisa memiliki tubuh idealnya.

Namun, hal tersebut ternyata sangat tidak disarankan oleh para ahli. Alasan utamanya adalah terkait kesehatan ibu dan bayi. Apalagi, setelah proses kelahiran, seorang wanita memiliki tanggung jawab untuk menyusui si kecil. Kalau bunda melakukan diet ketat, hal itu akan sangat berdampak pada kualitas ASi yang diberikan pada bayi.

menurunkan berat badan setelah kelahiran

Alih-alih mencoba diet ketat, ada 5 tips cara sederhana yang bisa bunda lakukan sebagai metode penurunan berat badan setelah proses kelahiran. Lima tips tersebut adalah:

1. Konsumsi Makanan bergizi dan jus buah

Asupan gizi menjadi hal yang penting bagi wanita pada proses paskakelahiran. Seorang ibu menyusui memerlukan asupan makanan yang mengandung protein tanpa lemak, asam lemak omega-3, nutrisi, serat, kalsium, serta protein. Oleh karena itu, menu makan yang disediakan setiap hari harus mengandung nutrisi tersebut. Contohnya adalah salmon, telur, yogurt, daging tanpa lemak, tuna, ataupun kacang polong.

Sebagai tambahan, bunda juga harus membiasakan untuk memperbanyak konsumsi jus buah serta sayuran. Tidak lupa, bunda harus menjauhkan diri dari menu cepat saji, minuman bersoda, permen, serta kue kering.

2. Minum air yang cukup

Menjaga pasokan air minum untuk tubuh menjadi hal penting yang bisa berperan dalam program penurunan berat badan setelah kelahiran. Idealnya, tubuh manusia butuh sekitar 8 sampai 10 gelas air setiap hari. Kebutuhan itu dipergunakan sebagai sarana perbaikan metabolisme tubuh yang efektif.

3. ASI untuk bayi

Menyusui bayi juga berdampak positif pada penurunan berat badan bagi wanita setelah kelahiran. Perlu bunda ketahui, aktivitas menyusui merupakan kegiatan yang membakar kalori. Jumlahnya pun cukup besar, mencapai 300 sampai 500 kalori setiap harinya.

4. Istirahat yang Cukup

Proses melahirkan merupakan proses yang memberikan beban sangat berat bagi tubuh. Oleh karena itu, pascakelahiran adalah momen bagi bunda untuk mengistirahatkan tubuhnya. Caranya dengan membiasakan pola tidur yang cukup. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait aktivitas yang akan bunda lakukan.

5. Biasakan berolahraga

Setelah bunda memperoleh izin dari dokter untuk berolahraga, maka biasakan diri untuk berolahraga. Hanya saja, pilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat. Beberapa jenis olahraga yang bisa dipertimbangkan antara lain adalah jalan kaki, aerobik, yoga, serta berenang.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE