5 Cara Sederhana Menyembuhkan Perut Kembung Pada Bayi

Bayi yang rewel dan menangis terjadi bukan karena tanpa sebab. Tangisan serta sikap rewel yang diperlihatkan oleh si kecil itu merupakan tanda bahwa mereka tidak merasa nyaman. Penyebab ketidaknyamanan itu pun beragam. Salah satunya dan yang cukup sering terjadi adalah perut kembung.

Masalah perut kembung mungkin terdengar sebagai problem yang sepele. Namun, kalau terjadi pada si kecil, perut kembung tidak hanya membuat mereka rewel. Di samping itu, perut kembung juga bisa membuat anak muntah dan bahkan demam. Tentunya, hal ini akan sangat mengkhawatirkan, bukan?

mengatasi perut kembung bayi

Untuk solusinya, sebenarnya bunda bisa menyembuhkan masalah perut kembung bayi dengna cara sederhana. Ada 5 metode penyembuhan yang bisa secara langsung bunda terapkan, yaitu:

1. Menepuk lembut bagian punggung bayi

Cara ini bisa bunda lakukan ketika menggendong si kecil. Usap bagian punggung anak dengan lembut dalam posisi tegak dengan kepala di bagian pundak. Tepuk dengan sangat lembut hingga si kecil bersendawa.

2. Menggosok perut bayi

Cara kedua yang bisa bunda praktikkan untuk menyembuhkan perut kembung anak adalah dengan menggosok bagian perut. Cara ini akan sangat efektif kalau bunda menggunakan minyak telon yang berfungsi untuk memberi kehangatan pada bayi.

3. Membetulkan posisi menyusui

Cara berikutnya adalah dengan membetulkan posisi yang bunda gunakan ketika menyusui si kecil. Posisi yang salah ketika menyusui memang bisa membuat perut si kecil terasa kembung. Oleh karena itu, pastikan ketika menyusui, kepala si kecil berada di posisi lebih tinggi dibandingkan perut.

4. Mengajak bayi bergerak aktif

Perut kembung juga bisa diatasi sekaligus dicegah kalau bayi aktif bergerak. Oleh karena itu, bunda bisa mendorong mereka untuk selalu bergerak aktif. Caranya tidak terlalu sulit. Bunda bisa mengajak si kecil bermain sembari mengusahakan mereka untuk merangkak.

5. Mandi dengan air hangat

Kalau semua solusi cara menyembuhkan dan menangani perut kembung pada bayi tersebut tidak berhasil, tenang masih ada solusi terakhir. Solusi kali ini adalah dengan mengajak si kecil mandi dengan air hangat.

Suhu hangat yang diberikan air bisa memberikan rasa nyaman pada perut bayi. Dengan kondisi tersebut, mereka pun tidak akan memperlihatkan sikap rewelnya lagi.

Nah, itulah tips mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa bunda terapkan di rumah. Selamat mencoba, ya!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE