5 Hal yang Bisa Bunda Lakukan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Kecerdasan Bayi

April 23rd, 2018

Peran orang tua sangat besar agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang cerdas. Bahkan, peran itu bisa pula dilakukan ketika anak masih berusia bayi. Secara khusus, di sini bunda punya peran lebih besar dibandingkan ayah.

Bunda bisa melakukan pola pengasuhan yang berdampak positif pada perkembangan otak si kecil. Cara yang bisa bunda lakukan pun tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah 5 hal yang dapat bunda terapkan kalau ingin berpartisipasi meningkatkan kecerdasan bayi:

bayi cerdas

1. Kasih sayang yang setulus hati

Cara pertama yang bisa bunda lakukan adalah dengan memberi kasih sayang setulus hati. Dengan rasa cinta yang tulus, si kecil akan merasa kalau dirinya benar-benar sosok yang spesial di mata bunda.

Bunda juga harus memperlihatkan rasa sayang itu secara gamblang. Caranya mudah. Bunda bisa memberi mereka pelukan, ciuman, atau belaian. Selain itu, komunikasi verbal dengan lembut juga bisa menjadi salah satu cara menunjukkan rasa sayang pada si kecil.

2. Memberi makanan penuh gizi

Hal berikutnya yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan memberi asupan makanan yang bernutrisi tinggi. Pemberian nutrisi untuk bayi bisa bunda lakukan sejak bayi dalam kandungan.

Setelah bayi lahir, bunda juga perlu memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan. Selanjutnya, lakukan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun. Perlu bunda ketahui, 1.000 hari pertama bayi, terhitung sejak janin, merupakan momen emas pertumbuhan anak.

3. Pemberian stimulasi sejak dini

Hal berikutnya yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan memberikan stimulan. Cara pemberian stimulan ini bisa beragam. Misalnya, dengan mengajak anak berbicara, menyentuhnya, dan lain-lain.

4. Biasakan membaca

Langkah berikutnya adalah dengan membiasakan membaca. Ketika masih bayi, bunda bisa membacakan cerita dongeng sebagai cara agar si kecil suka dengan buku. Ketika mulai bisa membaca, bunda bisa mengajak anak untuk membaca buku bersama.

5. Ajak anak untuk membiasakan kegiatan positif dan bermanfaat

Terakhir, bunda bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif dan bermanfaat. Kegiatan tersebut tidak harus berkaitan dengan prestasi akademik. Ingat, dalam kehidupan, skill non-akademik juga berperan sangat penting.

Nah, itulah 5 hal yang bisa bunda lakukan agar anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang cerdas. Semoga bermanfaat, ya.

 

Komentar

BACA JUGA