5 Hal yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Membuat Anak Semakin Cerdas dan Pintar

August 11th, 2017

Sebagai seorang bunda, tentu mengharapkan hal-hal baik kepada anaknya. Misalnya saja menginginkan anaknya cerdas, berprestasi dan akan sukses kelak. Tetapi tahukah Bunda bahwa kemampuan anak bisa diasah sedini mungkin oleh orang tuanya.

mencerdaskan anak

Orang tua sebagai pemeran penting kecerdasan anak harus melakukan berbagai cara agar harapannya terkabul esok hari. Ada banyak cara untuk mengasah ketrampilan anak agar cerdas dan sukses di waktu dewasanya. Dikutip dari website nakita, 5 hal ini bisa Anda coba;

1. Mengajak anak membaca bersama

Cobalah untuk mengajak membaca bersama dibanding membacakan buku untuk anak. Cobalah dengan sabar, agar si anak mau mencoba untuk membaca bersama Bunda. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychologie Candaienne pada 2008, cara yang menyenangkan ini dapat mengasah anak untuk belajar membaca dan menulis. Sehingga sang anak akan lebih siap dalam memasuki tahap masa sekolah nantinya.

2. Ajarkan bersosialisasi dengan orang lain

Kesuksesan anak tergantung pada sebuah keterampilan social pra-sekolah, kata sebuah studi dari Pennsylvania State University dan Duke University. Dengan ketrampilan social ini si kecil tidak akan sulit beradaptasi dan kelak akan sukses ketika dewasa. Selain itu dapat mengajarkan untuk mengenal emosi seseorang dan anak tidaka akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain.

3. Membiarkan anak melakukan pekerjaan rumah

Cobalah untuk membiarkan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti membereskan mainan sendiri. Lakukan demi kebaikan anak di waktu kelak.

Bahkan menurut Julie Lythcott-Haims dari Stanford Universy, membuat anak paham bila menginginkan sesuatu harus berjuang dahulu. Hal ini membuat anak akan terasah dalam daya juangnya dan kemandiriannya. Nantinya ia tiadak akan sulit untuk beradaptasi dengan teman baru atau situasi baru.

4. Jangan membiarkan anak untuk bermain gadget lama-lama

Ini yang dikhawatirkan para Bunda. Apabila si kecil memgang gadget, sering kali anak lebih memainkan gadgetnya daripada memerhatikan lingkungan social. Yang bahkan paling parah tidak pernah mencoba untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya.

Sebuah studi bahkan mengatakn bahwa anak yang sering menonton video dalam gadgetnya, rata-rata akan mengalami penghambatan enam sampai delapan kata lebih sedikit dibanding anak yang tidak memakai gadget. Meski sibuk, sebaiknya Bunda tetap meluangkan waktu untuk sang anak agar terasah dalam kecerdasannya.

5. Beri waktu untuk bermain dengan anak

Meski sibuk, sebaiknya Bunda tetap bisa meluangkan waktu untuk anak. Waktu bermain dengan anak sangatlah penting. Menurut Brigid Schulte, sosilog dari Bowling Green State University, anak yang tidak memiliki waktu dengan bunda akan memiliki masalah dalam perilaku sehari-harinya dan akan terjadi penurunan prestasinya. Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya Bunda harus luangkan waktu untuk sang anak demi kebaikannya di kemudian hari.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler

Mengenali 6 Jenis Kanker yang Kerap Muncul dalam Tubuh Anak

Kanker menjadi penyakit berbahaya yang menjadi mimpi buruk ...

Yuk, Kenali Gejala Berbagai Jenis Kanker Sejak Dini pada Anak

Februari merupakan hari Kanker Anak yang selalu diperingati ...

5 Tips Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Anak-anak merupakan masa dimana Anda seorang ibu wajib ...
makanan untuk anak

7 Makanan Terbaik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mulai usia 18 bulan, anak-anak sudah bisa mengkonsumsi ...
anak bermain aktif

7 Pilihan Permainan yang Membuat Anak Bergerak Aktif

Usia balita adalah usia di mana anak cenderung penasaran ...
cara mengajari anak membaca

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Menyenangkan dan Efektif

Melihat anak dapat membaca merupakan salah satu hal yang ...
anak cerdas

7 Faktor Penting Penunjang Kecerdasan Balita Dan Anak-Anak

Kecerdasan anak dan balita dapat diasah, mulai dari ...