5 Hal yang Menyebabkan Ibu Hamil Menjadi Sensitif

September 20th, 2017

Wanita hamil menjadi sensitif bukanlah hal baru, dan hal ini merupakan hal yang sangat lumrah terlebih pada kehamilan pertama. Perubahan mood seorang ibu hamil kerap kali tidak disadari oleh suami bahkan tak dapat dimengerti. Sehingga membuat suami kerap kesal akan perubahan mood ibu hamil. Namun, sebagai seorang suami Anda juga wajib mengetahui penyebab mengapa ibu hamil menjadi sensitive.

Pregnant woman resting at home

1. Mudah stress

Penyebab yang paling banyak ialah sebab ibu hamil mudah stress. Stress ini dipicu oleh banyak pikiran yang kerap menjadi beban dan membuat ibu hamil stress. Ibu hamil juga sering sekali menjadikan masalah kecil menjadi besar sebab ibu hamil sering kali memikirkan masalah terseut sehingga menjadi beban pikiran untuk dirinya sendiri. Oleh sebab itu, seorang suami harus paham dan jangan terlalu mudah marah ataupun kesal.

2. Merasa takut

Rasa takut adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil seperti takut ketika lahir si anak akan cacat, takut jika sang anak akan lahir premature, dan sebagainya. Akibat rasa takut yang berlebih, wajar jika ibu hamil menjadi sangat sensitive.

3. Tidak nyaman

Tidak nyaman akan perubahan bentuk tubuh. Hal ini wajar sebab ibu hamil merasa ada hal baru yang terjadi pada tubuhnya sehingga merasa tidak nyaman. Merasa tidak nyaman sebab dengan kondisi perut membesar, seorang ibu hamil akan jadi susah untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti duduk, tidur, berjalan, dan lain-lain. Sebaiknya, jika istri sedang hamil usahakan seorang suami membuat suasana yang tenang dan tidak gaduh.

4. Mudah lelah

Kondisi perut membesar serta kenaikan berat badan yang signifikan membuat seorang ibu hamil mudah lelah ketika harus melakukan banyak kegiatan sekalipun itu adalah kegiatan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Kelelahan dan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan membuat seorang ibu hamil mudah uring-uringan sehingga Anda sebagai suami setidaknya membantu istri nda mengerjakan pekerjaan rumah atau memberinya libur dan Anda yang mengurus pekerjaan rumah.

5. Pengaruh hormon

Factor hormone banyak mempengaruhi hal di dalam tubuh. Ketika dalam keadaan hamil hormone dalam tubuh seorang ibu hamil banyak mempengaruhi sisi sendunya sehingga ibu hamil sulit mengontrol kesedihan. Sebagai suami, Anda harus sering menghibur istri Anda yang sedang hamil.

Mungkin mitos orang jawa yang mengatakan bahwa cengeng merupakan factor bawaan lahir itu bukan hal yang salah jika bunda dapat mengontrol emosi akan amarah dan kesedihan. Untuk menghindari keadaan emosional, bunda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan dan olahraga pernafasan.

Komentar

BACA JUGA