5 Jenis Gangguan Kesehatan yang Sering Menimpa Bayi Baru Lahir

Kedatangan anggota keluarga baru senantiasa dibarengi dengan rasa bahagia. Namun, tak jarang, di tengah kebahagiaan tersebut, ada hal yang kerap mengganggu. Jenis gangguan ini beragam, termasuk di antaranya adalah gangguan kesehatan yang menimpa bayi baru lahir.

Nah, dari sekian banyak gangguan kesehatan, 5 jenis gangguan berikut menjadi problem yang sering muncul pada bayi baru lahir:

gangguan kesehatan bayi baru lahir

1. Penyakit kuning atau ikterus
Ikterus atau penyakit kuning menjadi gangguan kesehatan pertama yang sering muncul pada bayi baru lahir. Gangguan ini menyebabkan kulit si kecil menjadi berwarna kekuningan. Penyebabnya adalah pelepasan pigmen empedu pascakelahiran. Gangguan ini biasanya berlangsung selama 4-10 hari, dan tidak menghambat perkembangan tubuh bayi.

2. Penurunan berat badan
Gangguan kesehatan yang kedua adalah ketika si kecil mengalami penurunan bobot tubuh. Gangguan ini kerap terjadi ketika 3-4 hari setelah proses kelahiran. Namun, dengan perawatan intensif dan pemberian ASI secara rutin selama 2 minggu, kondisi tubuh si kecil bisa kembali normal.

3.

Bersin dan diiringi hidung tersumbat

Gangguan berikutnya adalah ketika si kecil mengalami gangguan hidung tersumbat dan bersin. Gangguan kesehatan ini terjadi karena si kecil menghirup udara yang kotor, dibarengi dengan asap rokok atau debu. Alhasil, menyebabkan iritasi.

Untuk menanggulangi gangguan ini, caranya tidak terlalu sulit. Pastikan si kecil bebas dari paparan asap rokok. Selain itu, gunakan humidifier di dalam ruangan serta semprotan hidung yang berguna untuk mengobati iritasi.

4. Cegukan
Gangguan berikutnya adalah cegukan. Pada bayi, cegukan sebenarnya tak terlalu bermasalah, karena bisa sembuh dengan sendirinya. Paling lama, cegukan terjadi sekitar 5-10 menit. Kalau dalam kondisi tersebut, bunda bisa mencoba untuk menyendokkan ASI kepada bayi sebagai antisipasi kalau-kalau bayi menyusu terlalu cepat.

5. Infeksi pernapasan
Gangguan yang terakhir adalah infeksi pernapasan.

Infeksi ini disebabkan oleh virus atau bakteri

, ditandai dengan hidung meler, demam, serta enggan menyusu. Fenomena ini dapat berlangsung cukup lama, mencapai 2-3 minggu. Kalau sudah begitu, bunda perlu memeriksakan kondisi si kecil kepada dokter untuk memperoleh penanganan kesehatan lebih lanjut.

Itulah 5 jenis gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada bayi baru lahir dan wajib bunda waspadai. Semoga bermanfaat, ya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE