5 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Bayi Susah Tidur

July 23rd, 2017

Membuat bayi tidur itu gampang-gampang susah dan bisa dikatakan sebagai suatu tantangan untuk para orang tua. Khususnya, bisa membuat bayi tertidur saat malam hari adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Namun, penyebab bayi susah tidur ternyata sagnat banyak.

mendidik bayi

Tahukah bila gangguan susah tidur penyebabnya juga bisa dari orang tuanya sendiri, lho. Untuk itu ada baiknya Bunda harus tahu kesalahan yang menjadi penyebab bayi susah tidur. Ini kesalahan orang tua agar si bayi memiliki jadwal tidur;

1. Tidak membuat rutinitas tidur

Setiap orang butuh waktu untuk persiapan tidur. Tak ada bedanya dengan sang bayi yang butuh sebuah rutinitas agar memahami kalau waktu iini adalah wakktunya untuk tidur. Nah, rutinitas inilah yang sangat membantu bayi agar cepat untuk tidur. Misalnya adalaah dengan meredupkan atau ematikan lampu sebelum tidu, bahkan bisa juga mengganti pakaian tidur setiap ingin tidur sebagai sebau rutinitas.

2. Mengabaikan tanda mengantuk pada bayi

Umumnya bayi memberi tanda ketika mengantuk seperti menguap, mengucek mata, gerakan yang melambat, rewel dan sebagainya. Jika Bunda mengabaikan ini, maka tubuh bayi akan memompa melatonin yang merupakan hormone yang dapat menenang kann tubuh. Tetapi sebaliknya, kelenjar adrenalnya akan menghasilkan kortisol, hormon yang dapat menghasilkan stres. Jadi jika Bunda menemukan tanda tersebut segera ke ruangan gelap dan tenang supaya bayi segera tertidur.

3. Menggendong atau mengayun bayi sebelum tidur

Meski perilaku ini tidak buruk bagi kesehatan si bayi, tetapi kebiasaan ini membuat si bayi terlalu nyaman digendong atau diayun. Sehingga, ia tidak mau tidur ketika diletakkan di tempat tidur. Maka Bunda harus melatih bayi untuk tidur di tempat tidur. Bila si bayi terbangun di malam hari, biarkan si bayi tidur lagi di tempat tidur.

4. Membuat bayi tidur di mana saja

Ketika Bunda melakukan perjalanan jauh atau hanya berbelanja, biasanya Bunda akan membiarkan si bayi untuk tidur di mana saja. Misalnya di kereta dorong, mobil dan tempat lainnya. Akibatnya, si bayi tidak jatuh ke zona nyaman untuk tidur. Kekonsistenan dalam tidur di tempat yang sama harus mulai diperhatikan. Karena kebiasaan tidur yang baik ini membuat bayi tidak akan merasakan susah tidur saat malam hari.

5. Membiarkan bayi tidur larut malam

Untuk membuat bayi untuk mengetahui jadwal tidurnya, perlu sebuah stimulus agar bayi mau memahami bahwa ada waktunya untuk tidur. Kebiasaan tidur terlalu malam membuat si bayi memiliki

kualitas tidur yang buruk dan waktu tidurnya jadi berkurang. Hal ini membuat si bayi menjadi lelah saat esok harinya dan tidak mempunyai jadwal tidur rutin. Sehingga bayi sering mengalami susah tidur saat malam hari.

Komentar

BACA JUGA