5 Mainan yang Berbahaya Untuk Anak, Bunda Wajib Waspada Ya!

November 2nd, 2017

Sejatinya, mainan dibuat untuk menghibur anak-anak. Sayangnya, tidak sedikit mainan yang tergolong mainan berbahaya. Jika Bunda melihat tayangan televisi ada saja berita mengenai mainan yang membahayakan anak-anak.

mainan berbahaya untuk anak

Dengan banyak beredarnya mainan berbahaya serta sejumlah berita di TV dan media online, diharapkan bunda menjadi lebih mewaspadai anak-anak ketika bermain mainan.

Berikut daftar mainan yang tergolong berbahaya untuk anak-anak.

1. Mainan dengan baling-baling

Mainan dengan baling-baling sebenarnya memiliki label 10th keatas. Namun, terkadang orangtua tetap membelikan anaknya mainan yang memiliki baling-baling, seperti helikopter.

Tak apa jika baling-baling tersebut terbuat dari plastik. Namun, jika mainan tersebut benar-benar dapat terbang maka akan sangat berbahaya. Sebut saja ketika jatuh mainan tersebut tidak dapat diprediksi arah jatuhnya atau ketika anak Anda akan mengoperasikannya ternyata mengenai tubuhnya atau orang lain.

2. Pelampung Sayap

Berenang ialah kegiatan yang menyenangkan dan menjadi salah satu kegiatan favorit anak. Untuk keamanan, si kecil terkadang diberi pelampung sayap di bagian lengan anak.

Sayangnya, beberapa produsen membuat pelampung ini mudah terlepas bahkan menggunakan bahan mengandung racun. Kedua hal ini jelas mwmbahayakan anak. Anak bisa saja tenggelam dan anak mengalami alergi pada kulit.

3. Mainan dengan baterai

Tak akan jadi masalah jika baterai dalam mainan ada. Tetapi akan jadi masalah apabila mainan tersebut dipreteli, baterai dapat menarik perhatian anak. Salah satunya memasukkannya kedalam mulut. Entah baterai yang besar maupun yang kecil. Baterai mengandung material yang berbahan dan beracun.

4. Segala Jenis Pistol

Sudah sering diberitakan TV dan media online kasus akibat mainan pistol-pistolan. Apapun jenis amunisinya mulai dari peluru karet hingga air dapat membahayakan diri sendiri maupun teman-temannya. Ketika Anda membelikan mainan pistol-pistolan, tetap awasi anak-anak ketika bermain.

5. Balon

Balon adalah benda yang sering digunakan untuk memeriahkan suasana. Berbagai bentuk dan warna kerap digemari anak-anak. Nqmun, suara letusan balon ternyata sangat membahayakan.

Suara letusannya setara dengan tembakan gunshot. Suaranya sangat keras dan lebih baik hindari atau jauhkan dari balita. Sebab balita rentan dengan bunyi yang sangat keras dan dapat berakibat shock berat hingga kematian.

Itulah 5 jenis mainan yang wajib diperhatikan demi keselamatan anak. Semoga bunda menjadi lebih selektif memilih mainan yang cocok untuk usia anak Anda dan memperhatikan si kecil apabila bermain.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...