5 Makanan Agar Kenyang Lebih Lama

agar kenyang lebih lama“Duh, baru saja makan siang kok sudah lapar lagi ya? Padahal baru sejam yang lalu lho.” keluh Sisca, seorang karyawan swasta.

“Hahaha, gak pernah berhasil diet, lapar terus.” seloroh Hani, seorang Ibu Rumah Tangga.

Pernah mengalami hal seperti Sisca dan Hani? Berniat menjaga berat badan yang ideal dan mengurangi kegemukan namun hasrat makan tidak terbendung? Ternyata ada beberapa faktor yang membuat seseorang terus merasa lapar, salah satunya adalah faktor makanan yang dikonsumsi. Untuk menekan hasrat makan maka Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Apa saja makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama? Berikut beberapa contoh makanannya,

Dark Chocolate

Dark chocolate hanya mengandung 170 kalori per 100 gram, namun mengonsumsi dark chocolate sebelum makan ternyata dapat membuat porsi makan kita lebih sedikit. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen. Hal ini dikarenakan senyawa dalam cokelat dapat memperlambat proses pencernaan. Ini juga dapat mengurangi keinginan untuk memakan makanan asin, manis dan berlemak.

Keju

Keju dengan kandungan Conjugated Linolenic Acid (CLA) merupakan jenis keju yang paling baik untuk membuat kenyang lebih lama. CLA merupakan sejenis asam lemak yang dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan osteoporosis. Keju seperti ini merupakan keju dari susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput. Anda dapat mencari produk keju yang berlabel “grass fed”.

Susu Skim

Secangkir susu skim hanya mengandung 86 kalori. Protein pada susu (whey dan casein) dapat mengenyangkan perut jika dibandingkan dengan minuman yang mengandung gula. Susu juga mengandung CLA yang membantu melawan kegemukan.

Kacang Pinus

Dalam setengah ons kacang pinus atau sekitar 84 butir kacang, sudah mengandung 95 kalori. Kacang pinus mengandung asam lemak yang baik bagi jantung serta mengingkatkan hormone yang membuat perasaan kenyang. Jadi jika ingin ngemil maka kacang baik dikonsumsi.

Jeruk

Siapa yang tidak suka jeruk? Buah-buahan seperti jeruk mampu memberikan efek kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE