5 Makanan Ini Ternyata Bikin Pencernaan Kamu Gak Sehat, Lho!

sakit perutPencernaan merupakan organ tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Setiap hari makanan dan minuman diolah dalam organ pencernaan lalu disalurkan ke seluruh tubuh untuk menjadi makanan bagi organ tubuh lainnya. Oleh sebab itu, sangatlah penting jika kita bisa memperhatikan apa yang dimakan dan yang seharusnya tidak dimakan.

Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampai ke anus. Pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta terlalu cepat menelan makanan adalah beberapa penyebab terjadinya gangguan pencernaan. Stres juga bisa menjadi penyebab utama gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa dikenali dengan beberapa tanda reaksi tubuh seperti mual, kembung, nyeri pada ulu hati, bahkan kanker usus yang timbul karena usus mengalami infeksi akibat bekerja ekstrakeras sewaktu mencerna makanan yang kurang serat.

Nah, jika Anda ingin memiliki organ pencernaan yang sehat, 5 makanan di bawah ini sudah sepatutnya dihindari untuk dikonsumsi? Apa saja?

1. Makanan Bersantan

makanan bersantan

Makanan yang mengandung santan umumnya akan menimbulkan reaksi perut begah dan pencernaan menjadi tidak lancar. Makanan dengan bumbu santan memang terasa enak, gurih dan wangi, namun sebaiknya Anda mulai menghindari makanan berkuah santan dan menggantinya dengan sup bening berkuah kaldu dan lain sebagainya.

2. Kol

kol

Sayuran memang baik untuk kesehatan. Namun bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan terutama Maag, alangkah baiknya jika Anda mulai menghindari Kol sebagai lalapan ataupun teman makan lainnya. Sayur kol memiliki senyawa yang dapat meningkatkan produksi gas dan membuat perut terasa begah. Selain Kol, sayuran serupa yang harus dihindari adalah sawi dan bunga kol.

3. Minuman Bersoda

minuman bersoda

Kenapa minuman bersoda sangat tidak disarankan? Minuman bersoda ternyata banyak mengandung gas sehingga akan menyebabkan perut menjadi begah dan tidak nyaman. Terlebih lagi minuman bersoda dibuat dengan gula atau pemanis buatan dengan kadar yang tinggi sehingga sangat tidak baik untuk kesehatan khususnya dalam kasus kadar gula darah dan pertumbuhan sel kanker.

4. Makanan yang Pedas

makanan pedas

Semua tentu setuju jika makanan yang pedas memiliki cita rasa yang nikmat dan membuat nafsu makan rakus. Namun sayangnya makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lambung dan lambung yang terluka dapat menyebabkan maag sehingga membuat perut menjadi tidak nyaman. Untuk itu hindarilah makanan yang pedas, agar lambung tetap nyaman.

5. Makanan atau Buah yang Asam

cuka

Makanan yang terlalu asam biasanya menjadi salah satu penyebab meingkatnya asam lambung. Makanan yang dapat meningkatkan asam lambung antara lain cuka, kopi, aneka susu dan jenis olahan sejenisnya.

Nah, Bunda menjaga pola makan memang sangat penting ya. Jika anggota keluarga tidak ingin ada yang bermasalah dengan pencernaan hanya karena tidak mengonsumsi makanan dengan tepat, yuk mulai hidup sehat sekarang juga!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE