5 Manfaat Bermain Lego

March 25th, 2017

kelebihan lego, lego, lego blok, lego untuk anak, manfaat bermain lego untuk anak, manfaat legoSejak tahun 1940, Lego telah tumbuh menjadi fenomena di seluruh dunia. Lego diciptakan di Denmark dan dimulai sebagai satu set stackable, potongan blok plastik berwarna-warni yang dapat dirakit dan kembali berkumpul di sejumlah kemungkinan yang tidak terbatas. Lego menjadi begitu populer di kalangan anak-anak dari empat penjuru dunia.

Anak-anak kerap menghabiskan waktu berjam-jam untuk membangun sesuatu yang dipikirkannya. Untungnya, semua waktu yang dihabiskan bermain dengan Lego tidak hanya menyenangkan untuk anak-anak, namun juga bermanfaat. Apa saja manfaat bermain Lego?

Matematika dan Keterampilan Sains

Bermain Lego menumbuhkan penalaran spasial dan kesadaran proporsi dan pola. Ketika anak merakit, pikirannya adalah penalaran tentang blok apa yang akan sesuai, bagaimana mereka harus diatur. Blok Lego dasar juga mengajarkan pecahan dan pembagian. Dari seluruh setengah kuartal, anak-anak belajar fraksi tanpa menyadarinya. Fisika dan teknik keterampilan juga diam-diam sedang dikembangkan. Ketika seorang anak membangun gedung tinggi atau jembatan, ia belajar untuk berpikir dalam tiga dimensi, keseimbangan berat dan struktur.

Perkembangan Motorik Halus

Manfaat fisik paling jelas dari bermain Lego adalah berkembangnya keterampilan motorik halus. Keterampilan motorik halus adalah mereka yang membutuhkan gerakan otot kecil. Dengan bermain Lego, ia sedang mengembangkan koordinasi otot-otot kecil di jari dan tangannya. Kemampuan untuk mengikuti arahan juga salah satu manfaat membangun Lego. Banyak Lego kit datang dengan petunjuk step-by-step yang harus diikuti.

Kemampuan Berpikir

Lego juga mengasah keterampilan pemecahan masalah. Anak harus mencari tahu mana blok yang cocok untuk membuat bangunan, kadang-kadang mereka harus menggunakan metode trial and error. Anak juga akan belajar perencanaan dan pengorganisasian. Bangunan lego membutuhkan anak untuk memiliki rencana sebelum ia membangun, bahkan jika itu hanya satu dasar. Dia juga harus mengatur pikirannya serta potongan Lego untuk membawa idenya agar dapat terealisasi.

Mendorong Interaksi Sosial

Lego adalah jenis mainan yang anak dapat berbagi dengan orang lain. Dengan mendorong mereka untuk bermain bersama mereka belajar bagaimana berinteraksi dan bekerja sama.

Kreativitas

Tidak diragukan bahwa bermain Lego akan membutuhkan kreativitas. Membangun dengan blok akan menumbuhkan kreativitas anak. Anak-anak dapat mengesampingkan kit pembelajaran dan hanya menggunakan blok Lego untuk menciptakan sesuatu yang mereka bisa bayangkan. Membebaskannya berimajinasi membangun sesuatu akan mendorong anak-anak untuk berpikir di out of the box dan menghasilkan kemungkinan yang tak terbatas.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler