5 Manfaat Besar Ketika Mengajak Anak Berlatih Berenang

April 22nd, 2018

Sejak kecil, anak perlu dibiasakan untuk bergerak secara aktif. Pergerakan itu membantu tumbuh kembang tubuh anak dengan lebih baik. Oleh karena itu, bunda perlu membiasakan anak untuk berolahraga. Nah, untuk pilihan olahraga bagi anak, berenang bisa jadi opsi yang menarik.

Bunda bisa mengajak si kecil untuk berenang di berbagai tempat. Ketika masih berusia di bawah 3 tahun, bisa menggunakan bak air dengan ukuran yang cukup besar. Ketika sudah menginjak usia 5 tahun, bunda bisa mengajak si kecil untuk berenang di kolam renang khusus anak.

manfaat anak berenang

Dengan mengajarkan anak berenang, mereka akan memperoleh beberapa manfaat seperti:

1. Skill bertahan hidup

Perlu bunda ketahui, berenang adalah salah satu skill yang bisa digunakan anak untuk bertahan hidup. Dengan memiliki keampuan berenang yang baik, anak tidak akan terlalu khawatir ketika tercebur ke dalam air. Mereka tidak akan panik yang dan tenggelam. Karena sudah terbiasa, anak akan menggunakan kemampuannya untuk menuju ke area yang lebih landai.

2. Menguatkan otot pada tubuh

Manfaat berenang bagi anak yang selanjutnya adalah sebagai sarana penguatan otot tubuh. Ketika berenang, anak menggerakkan beberapa bagian tubuhnya, utamanya adalah tangan dan kaki. Menariknya lagi, pergerakan otot-otot tersebut juga bisa menjadi stimulan pertumbuhan tinggi anak.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat berikutnya dari olahraga berenang pada anak adalah pada peningkatan kesehatan jantung. Bahkan, dengan membiasakan berenang, risiko terjadinya serangan jantung pada anak bisa mengalami pengurangan mencapai 50%. Bunda bisa mengajak si kecil untuk berenang selama kurang lebih 20-30 menit sekali dalam seminggu.

4. Mengurangi kecemasan

Berenang di air juga berguna untuk mengurangi rasa cemas lho, bunda. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh Centers for Disease Control and Prevention. Menurut penelitian tersebut, aktivitas berenang secara aktif meningkatkan produksi hormon endorfin yang memunculkan rasa bahagia.

5. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Terakhir, kemampuan berenang yang dimiliki anak bisa membuat mereka merasa lebih percaya diri. Perlu bunda ketahui, bagi anak, terjun ke dalam air merupakan sebuah ketakutan yang besar. Apalagi, dunia di dalam air adalah hal yang asing bagi mereka. Setelah berhasil mengatasi ketakutan akan hal asing itu, mereka pun akan merasa lebih percaya diri dan tidak takut lagi.

Nah, itulah 5 manfaat yang bisa didapatkan dengan membiasakan anak berolahraga renang. Bunda usahakan untuk mengajak mereka sejak dini, ya….

Komentar

BACA JUGA