5 Manfaat Es Krim untuk Ibu Hamil, Penting Diketahui Para Suami Nih!

October 26th, 2017

Ada banyak mitos mengenai ibu hamil yang mengkonsumsi ice cream diantaranya ialah “agar calon bayi memiliki kulit putih”. Hal ini tidak sepenuhnya salah sebab ice cream adalah makanan yang mengandung produk susu dalam jumlah banyak.

manfaat es krim untuk ibu hamil

Apakah aman bagi ibu hamil mengkonsumsi ice cream? Tentu aman, jika dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah wajar. Berikut manfaat ice cream untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan Peluang Kehamilan

Menurut penelitian, wanita yang ingin hamil dan sedang melakukan program kehamilan, sebaiknya mengkonsumsi produk susu dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti yqng ada pada ice cream. Kandungan lemak yang tinggi dapat membantu kemungkinan terjadinya konsepsi dalam rahim.

2. Menambah Berat Badan

Ibu hamil yang mengalami kekurangan berat badan, terlebih menjelang proses persalinan, dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan kalori. Dalam 100 gr ice cream terdapat 207 kkal serta 16 gr gula. Sehingga ice cream dapat memenuhi gizi untuk ibu hamil.

3. Pembentukan Tulang Pada Janin

Selama masa kehamilan, seorang wanita memerlukan tambahan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Salah satu nutrisi yang berlebih ialah kalsium. Kalsium berguna untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat.

Dan bagi janin, kalsium akan sangat berguna untuk pembentukan tulang pada janin. Ice cream terbuat dari olahan susu, seperti yang diketahui pada susu memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi.

4. Mengatasi Mual

Masa kehamilan terutama trimester awal kehamilan biasanya diwarnai dengan mual dan muntah. Hal ini disebut dengan morning sicknes. Rasa lezat dan manis ice cream dapat menetralisir rasa mual. Sehingga perut akan kembali normal dan tak akan mengganggu aktivitas ibu hamil.

5. Mengurangi Stres

Ice cream yang dikonsumsi dapat merangsang terbentuknya hormon thrombotonin yang bermanfaat untuk mengubah suasana hati, ketenangan serta menghilangkan stres.

Namun perlu diingat, jangan jadikan ice cream sebagai makanan utama. Mengkonsumsi ice cream yang berlebihan dapat menyebabkan resiko kenaikan berat badan pada ibu hamil.

Selain itu, yang perlu diwaspadai ialah infeksi listeria. Infeksi ini terjadi disebabkan bakteri yang tumbuh pada suhu dingin. Bakteri ini dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur hingga kematian bayi.

Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ice cream cukup 2-3 cup saja perminggu. Jika Anda mengkonsumsi secara berlebihan di khawatirkan akan menimbulkan efek samping yang tak diinginkan.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...