5 Manfaat Mengajari Anak Membantu Ibu Memasak di Dapur

February 5th, 2018

Bagi anak-anak, permainan masak memasak identic dengan anak perempuan, namun kini anak laki-laki pun juga suka memainkannya. Permainan masak memasak ini dapat bunda terapkan loh ketika mengajak si kecil ikut memasak.

Tentu memasak yang dimaksudkan ialah memasak yang aman bagi anak-anak. Mengikut sertakan anak-anak dalam memasak nyatanya memiliki manfaat terhadap si kecil, salah satunya menambah pengetahuan dan sensor motoriknya. Berikut manfaat yang didapat dari mengikut sertakan anak dalam kegiatan memasak bunda:

anak belajar memasak

1. Melatih motorik halus

Motorik halus ini dapat diasah ketika anak-anak membantu bunda memotong sayuran (dengan pisau plastic), memindahkan sayuran ke wadah, memakai sumpit, membasuh sayuran. Secara tak langsung si kecil akan belajar menggunakan berbagai benda dengan tepat.

2. Mengenal bentuk

Di dapur, ada banyak sekali peralatan memask dengan berbagai macam bentuk. Disini Anda dapat mengenalkan pada anak-anak seperti bentuk peralatan memasak yang digunakan, apa namanya, apa kegunaannya, dan sebagainya. Terhadap sayur-sayuran juga bias bunda ajarkan. Misalnya brokoli berbentuk seperti jamur, mangkok berbentuk bulat, pisau itu tajam, dan lain-lain.

3. Mengenal warna

Belajar yang paling menyenangkan ialah sambil bermain. Salah satu cara yang menyenangkan lainnya ialah mengenalkan warna dari benda aslinya. Ketika memasak di dapur tentu bunda memiliki berbagai bahan masakan, hal tersebut dapat bunda ajarkan pada si kecil tentang warna pada sayuran atau peralatan memasak bunda.

4. Belajar sains

Dari memasak, bunda bias memberitahu si kecil tentang fungsi sayuran, apa yang terjadi jika tak memakan sayuran, dan sebagainya. Bunda juga dapat memberinya contoh tentang air yang layak minum dengan diiringi proses pemasakan air.

5. Mengasah keterampilan social emosional

Dengan ikut serta kegiatan memasak, anak-anak diharapkan mengetahui seperti apa proses bahan makanan menjadi makanan yang siap dimakan sehingga anak-anak akan lebih menghargai makanan. Meskipun tahap terakhir ini sedikit sulit dikembangkan, namun jika bunda mau bersabar, kemungkinan anak akan menjadi pribadi yang menghargai makanan akan sedikit demi sedikit muncul.

Mungkin sebagian bunda merasa anak-anak justru mengganggu kegiatan memasak bunda, namun nyatanya ada banyak hal yang akan didapatkan si kecil dari ikut serta memasak. Jika bunda belum siap

mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan memasak, dapat membelikan si kecil permainan set memasak, sehingga setidaknya ia juga akan belajar dari permainan tersebut. Tentu hal ini dengan bimbingan orang dewasa.

Komentar

BACA JUGA