5 Manfaat Penting Aktivitas Berenang untuk Ibu Hamil

Berenang saat hamil diperbolehkan dan tidak menimbulkan bahaya bagi ibu hamil maupun janin, asalkan sesuai dengan aturan. Berenang juga membantu ibu hamil untuk tetap aktif sehingga kesehatan tubuh dan janin tetap terjaga.

ibu hamil berenang

Manfaat Berenang Selama Kehamilan

1. Melancarkan Sirkulasi Udara

Berenang bermanfaat untuk mengembangkan dan memanfaatkan oksigen yang sangat penting bagi sang ibu dan bayi.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Berenang bahkan dapat membantu melawan rasa sakit punggung yang tidak nyaman yang sering dikaitkan dengan membesarnya ukuran perut.

3. Membakar Kalori Dan Memberikan Energi

Berenang dapat mengatasi tantangan fisik dan emosional yang disebabkan kehamilan. Dan beberapa wanita mengklaim bahwa olahraga ini membantu mereka untuk mengurangi kembung.

4. Melatih Paru-paru dan Jantung

Berenang membuat jantung dan paru-paru bekerja aktif dan karenanya membantu mengurangi pembengkakan dan retensi cairan. Berenang juga membantu tubuh dalam mengatasi nyeri yang berhubungan dengan kehamilan.

5. Memperkuat Otot Rahim dan Panggul

Gerakan berenang dapat menjadi bentuk latihan pada otot rahim dan panggul. Tentu ini akan menjadi baik ketika hari kelahiran tiba.

Tips Berenang Selama masa Kehamilan

1. Pemanasan

Sebelum melakukan kegiatan olahraga apa pun, dan pastikan untuk tidak memaksakan diri. Anda dapat meminum susu setiap 20 menit sekali untuk menjaga cairan tubuh.

2. Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Anda dapat berenang selama 30 menit selama beberapa hari dalam seminggu. Dan jangan sampai kelelahan.

3. Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Pada masa ini perut ibu hamil akan semakin membesar dan mengalami keterbatasan melakukan gerakan renang. Posisi berenang yang paling baik ialah terlentang.

4. Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Gaya dada terbukti bermanfaat bagi tubuh ibu hamil pada trimester ketiga. Namun setelah jangka waktu 16 minggu, berenang gaya punggung bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena tekanan diberikan pada vena cava karena berat rahim. Sebaiknya hentikan berenang dengan gaya ini apabila membuatnya tidak nyaman.

Berenang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Namun, akan lebih baik jika tetap didampingi oleh dokter sehingga dapat mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Dan jangan lupa selalu mengikuti saran dan tips, demi keamanan ibu dan bayi.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE