5 Metode Efektif Mengetahui Minat dan Bakat Anak

Moms, mengetahui minat dan bakat seorang anak merupakan tugas orang tua. Anda sebagai orang tua wajib mengetahui bakat dan minat anak Anda. Namun, bakat dan minat seorang anak mungkin berbeda dengan bakat dan minat orang tua sehingga moms, harus memberikan kebebasan mengenai bakat anak serta mendukung apapun bakat dan minat anak Anda.

little musicman

Biasanya, anak-anak akan terlihat bakat dan minatnya ketika berada di usia 10 tahun, namun tidak menutup kemungkinan bahwa anak Anda telah menunjukkan bakat dan minatnya diusia yang lebih muda lagi.

Berikut Cara Mengetahui Bakat dan Minat Anak:

1. Perhatikan Kebiasannya

Cara paling sederhana ialah dengan selalu mengamati kebiasaan yang dilakukan si kecil. Dengan mengamati apa yang senang ia lakukan dapat mengindikasikan apa yang menjadi minatnya dan secara tak langsung Anda juga dapat menentukan bakat yang dimiliki si kecil.

2. Membiarkan Anak Mengeksplorasi Kemampuannya

Jika anak Anda sering melakukan hal yang baru, jangan halangi ia untuk mempelajarinya. Sebaiknya Anda jangan menghalangi dan menekan si kecil dalam mengeksplorasi kemampuannya. Namun, jika dirasa apa yang ia lakukan berbahaya, maka disinilah Anda boleh menghentikannya. Ijinkan anak Anda untuk bermain bersama teman-temannya, jangan biasakan selalu mengatakan “jangan” pada sesuatu yang sepele misalnya ketika si kecil bermain lumpur, mandi hujan, dll.

3. Membangun Komunikasi Dengan Anak

Komunikasi antara orang tua dengan anak sangat penting. Dalam hal menggali minat dan bakat si kecil pun dapat dikenali melalui komunikasi. Anda dapat bertanya langsung apa hal yang disukainya dan apa yang tidak disukainya. Selalu dengarkan apa yang diceritakan anak Anda, karena melalui cerita Anda dapat mendapatkan informasi mengenai minat dan bakatnya.

4. Menyertakan Anak Berbagai Perlombaan

Laangkah aktif yang dapat Anda gunakan ialah dengan menyertakan si kecil dalam berbagai ajang perlombaan. Dalam berbagai perlombaan yang si kecil ikuti, pastilah ada beberapa perlombaan yang membuatnya suka dan ia merasa hebat dalam hal tersebut. Namun, ikut menyertakan si kecil dalam ajang perlombaan tetap harus dengan persetujuan si kecil.

5. Berikan Waktu Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Sebaya

Banyak hal yang dapat dipelajari ketika si kecil bermain dengan teman sebayanya. Dengan seringnya si kecil bersosialisasi dengan teman sebayanya, kemungkinan si kecil dan teman-temannya akan banyak bercerita mengenai kegemarannya bahkan menunjukkan kegemarannya pada teman-temannya.

Mengenali bakat dan minat pada anak pada usia dini dapat membantu si kecil mengembangkan minat dan bakatnya. Pengembangan bakat di usia dini akan memberikan ketrampilan untuk si kecil ketika beranjak dewasa. Tak hanya itu, minat dan bakat si kecil akan terasah dan terarah.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE