5 Permainan Asyik yang Mengajak Anak Jadi Suka Makanan Sehat

Mengajak anak terbiasa makan menu sehat memang hal yang sulit. Mereka lebih suka dengan makanan yang biasa dijumpai di pinggir jalan atau menu cepat saji. Alhasil, asupan gizi bagi anak pun menjadi kurang.

Oleh karena itu, mengajak anak agar terbiasa dan suka dengan menu sehat menjadi tugas berat setiap orang tua. Bunda harus memiliki trik tersendiri sehingga anak jadi suka dengan makanan yang mengandung gizi tinggi.

menu sehat anak

Mengajak melalui permainan bisa menjadi pertimbangan. Berikut ini 5 jenis permainan yang dapat bunda coba untuk menarik dan membuat anak doyan makanan sehat, yakni:

1. Tebak asal-usul

Bunda bisa mengajak anak untuk menebak asal usul dari sebuah makanan. Agar permainan ini bisa berlangsung efektif, bunda perlu mengajak anak untuk bermain ke tempat asal makanan tersebut diambil, misalnya kebun sayur dan buah, atau peternakan.

2. Tebak aroma

Membiasakan anak dengan aroma makanan bergizi juga bisa jadi pilihan permainan berikutnya. Caranya, bunda bisa menyiapkan berbagai buah dan sayur yang punya aroma cukup menyengat, seperti jeruk, jahe, atau udang.

3. Penyajian makanan secara cantik

Menampilkan makanan dengan bentuk yang menarik juga jadi cara efektif dalam membuat anak doyan menu sehat. Apalagi, kalau bunda mengajak anak terjun secara langsung dalam proses pembuatannya. Salah satunya adalah ketika menyiapkan bekal makanan sekolah untuk si kecil.

4. Permainan memasak

Mengajak anak untuk ikut terjun dalam aktivitas memasak juga bisa jadi opsi permainan menarik. Hanya saja, bunda harus memastikan agar anak terhindar dari benda-benda berbahaya seperti pisau tajam atau sejenisnya.

5. Menyusun menu

Terakhir, permainan menyusun menu bisa menjadi aktivitas yang dipilih. Dalam permainan ini, bunda bisa mengajak anak untuk menyusun menu favorit anak. Tentunya, pastikan kalau menu tersebut adalah menu yang bergizi tinggi.

Dengan mengajak anak terjun langsung pada permainan tersebut, mereka akan terbuasa dengan beragam menu sehat. Dengan begitu, mereka pun tidak akan alergi atau malah benci menu-menu yang mengandung gizi tinggi. Ingin anak tumbuh sehat dan kuat, kan?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE