5 Pilihan Sayuran Terbaik untuk MPASI Bayi

August 5th, 2017

Ketika anak sudah mencapai 6 bulan, itu artinya si anak atau balita ini sudah dapat mengonsumsi makanan selain ASI. Pemberian makanan pendamping ASI atau disingkat MPASI ini harus diperhatikan. Menurut Annabel Karmel dikutip dari website ayahbunda, seorang penulis buku best seller berjudul New Complete Baby and Todler Meal Planner yang berisi 200 resep cepat dan sehat untuk bayi, sebaiknya bayi lebih dulu dikenalkan sayuran ketimbang makanan lainnya.

sayuran mpasi bayi

Sebagai alasan, sayuran klebih mudah dicerna balita. Sayuran ini memiliki rasa manis alami dan lembut teksturnya. Dan terlebih dapat mudah dipadupadankan dengan jenis makanan lain. Nah, untuk itu 5 sayuran ini bisa Bunda siapkan untuk MPASI buah hati Bunda:

1. Wortel

Pilih wortel dengan warna agak gelap yang kaya beta karotena, vitamin A yang baik untuk mata, kulit dan memperkuat kesehatan kulit. Pertama-tama kupas wortelnya, cuci dan potong kecil-kecil, lalu dimasak dengan air mendidih. Kukus hingga empuk kemudian blender wortel dengan air bekas rebusan tersebut.

2. Ubi jalar

Belilah ubi jalar yang mulus, tidak berserabut, yang menandakan bahwa ubi tersebut sudah tua. Perhatikan pula bobotnya, karena semakin berat maka semakin banyak kandungan airnya, begitupun sebaliknya. Makanan yang mengandung serat, vitamin A, beta karotena, kalsium, folat, dan kalsium ini harus dicuci dulu sebelum diolah.

Kukus atau rebus ubi hingga empuk. Kemudian setelah matang, kupas, dan blender dengan air bekas rebusan. Sesuaikan air dengan kekentalan pure yang diinginkan.

3. Labu kuning

Mengandung serat, beta karotena, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, besi dan natrium yang dapat mencegah penyakit jantung dan menyembuhkan radang, stroke, dan sumber kalori yang rendah gula. Pastikan untuk membeli labu kuning yang masih memiliki gagang dan tidak lembek.

Kupas kulit dan rebus di air yang mendidih. Setelah itu blender dengan air bekas rebusan tadi. Sesuaikan air blender dengan kekentalan pure.

4. Kentang

Untuk menjaga kekebalan tubuh dibutuhkan vitamin C, sedangkan untuk menjaga syaraf bayi dibutuhkan vitamin B6. Untuk itu perlu makanan yang mengandung kentang karena di dalamnya mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, zat besi, dan fosfor.

Pastikan untuk memilih kentang yang mulus dan hindari warna yang kehijauan yang rasanya pahit karena terkena paparan sinar matahari. Cuci, kupas dan rebus di air mendidih atau kukus hingga empuk. Setelah itu, campurkan air atau ASI ketika menumbuk kentang. Hindari menggunakan food processor saat membuat pure kentang karena teksturnya akan lengket.

5. Labu madu

Labu madu sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan kekebalan tubuh. Labu yang mirip dengan labu kuning ini mengandung serat, vitamin C, vitamin B6 dan potassium. Pilihlah labu yang warnanya mengkilap, pertanda labu dipetik saat belum tua yang rasanya tidak terlalu manis.

Kupas dan potong kecil-kecil lalu direbus atau dikukus hingga empuk. Lalu blender dan beri sedikit air bekas rebusan.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler

Mengenali 6 Jenis Kanker yang Kerap Muncul dalam Tubuh Anak

Kanker menjadi penyakit berbahaya yang menjadi mimpi buruk ...

Yuk, Kenali Gejala Berbagai Jenis Kanker Sejak Dini pada Anak

Februari merupakan hari Kanker Anak yang selalu diperingati ...

5 Tips Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Anak-anak merupakan masa dimana Anda seorang ibu wajib ...
makanan untuk anak

7 Makanan Terbaik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mulai usia 18 bulan, anak-anak sudah bisa mengkonsumsi ...
anak bermain aktif

7 Pilihan Permainan yang Membuat Anak Bergerak Aktif

Usia balita adalah usia di mana anak cenderung penasaran ...
cara mengajari anak membaca

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Menyenangkan dan Efektif

Melihat anak dapat membaca merupakan salah satu hal yang ...
anak cerdas

7 Faktor Penting Penunjang Kecerdasan Balita Dan Anak-Anak

Kecerdasan anak dan balita dapat diasah, mulai dari ...