5 Tempat Tujuan Wisata Terbaik Yang Nge-Hitz di Banjarmasin

Banjarmasin adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang dikenal sebagai kota terbesar sekaligus terpadat di luar Pulau Jawa. Letak geografisnya yang didominasi oleh aliran sungai baik yang besar maupun kecil, membuat kota ini dijuluki sebagai “Kota Seribu Sungai”. Melalui kota ini pula kita kemudian mengenal pasar tradisional yang berada di atas air. Ya, namanya adalah Pasar Terapung yang kemudian banyak diduplikasi oleh berbagai destinasi wisata di kota lain. Di Banjarmasin sendiri ternyata ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di waktu libur nanti. Penasaran apa saja tempat wisata hits di Banjarmasin? Berikut ulasannya.

1. Pantai Joras
5 Tempat Tujuan Wisata Terbaik Yang Nge-Hitz di Banjarmasin

Pantai ini terletak di kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Di tempat wisata ini, kita bisa bersantai sejenak menikmati hamparan pasir pantai yang luas. Selai itu, kita juga bisa naik ke menara mercusuar dan melihat betapa indahnya Pantai Joras dari ketinggian. Hanya saja, jika ingin melihat pemandangan pantai dari menara mercusuar, kita harus berhati-hati karena gedung tua ini tidak menyediakan perlengkapan/fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Biaya masuk ke pantai ini seharga Rp8.000 / orang, dan biaya parkir sebesar Rp3.000 /motor dan Rp5.000 /mobil.

2. Pantai Sungai Pampan
5 Tempat Tujuan Wisata Terbaik Yang Nge-Hitz di Banjarmasin

Letak pantai ini sebenarnya masih satu garis dengan pantai Joras, hanya dikelola oleh pihak berbeda. Jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Sungai Pampan lebih baik menitipkan kendaraan ke salah satu tempat parkir yang ada di Pantai Sungai Pampan atau Pantai Joras saja, karena jika Anda ingin pindah lokasi pantai hanya tinggal berjalan kaki saja untuk mencapainya tanpa perlu mengeluarkan biaya masuk dan parkir yan double. Harga masuk ke pantai ini sama dengan ke Pantai Joras.

3. Pulau Kembang
5 Tempat Tujuan Wisata Terbaik Yang Nge-Hitz di Banjarmasin

Sebenarnya, Pulau Kembang merupakan sebuah delta yang terletak di tengah Sungai Barito, tepatnya di Pulau Alalak, kecamatan Alalak, kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau Kembang ini kiin dijadikan sebagai habitat monyet dan beberapa jenis burung. Menurut warga sekitar, di Pulau ini juga terdapat seekor monyet besar yang merupakan Raja Monyet, untuk itu alangkah baiknya jika kedatangan kita ke sana tidak sampai mengganggu kedamaian para monyet di sini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga barang bawaan Anda.

4. Pulau Birah-Birahan
5 Tempat Tujuan Wisata Terbaik Yang Nge-Hitz di Banjarmasin

Pulau Birah-Birahan merupakan salah satu dari ke-14 objek wisata di Banjarmasin yang sangat eksotis. Kenapa tidak? Anda akan mendapati 3 zona pantai sekaligus. Pertama pantai zona terumbu karang, kedua zona pantai tebing batu, ketiga zona pantai penuh ganggang. Zona ketiga ini sebenarnya kurang bagus untuk berenang karena banyak tanaman air, ikan kecil, anak hiu dan juga ikan pari. Selebihnya, zona ini malah cocok buat Anda yang hobi memancing. Di wilayah ini juga tersedia spot snorkeling yang kece badai, Anda bisa menyambangi zona pantai terumbu karang untuk bisa bersnorkeling ria. Hanya saja, Anda harus membawa perlatannya sendiri karena belum ada pihak yang menyediakan peralatan tersebut di sini.

Untuk mengunjungi pulau ini, pertama-tama Anda harus menuju ke Dermaga Kenyamukan, setelah itu melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu nelayan dengan harga sewa antara Rp500.000-Rp800.000 /perahu (maksimal 25 orang). Tarif ini adalah tariff flat yang berlaku untuk satu perahu penuh, jika Anda datang bersama rombongan dan menyewa beberapa perahu maka harga sewa akan semakin hemat. Perjalanan dari Dermaga Kenyamukan hingga ke Pulau Birah-Birahan, Kabupaten Kota Baru membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Jika Anda beruntung, Anda bisa menjumpai kawanan lumba-lumba saat menyebrangi lautan lepas lho…

5. Pulau Samber Gelap
5 Tempat Tujuan Wisata Terbaik Yang Nge-Hitz di Banjarmasin

Letak Pulau ini dengan Pulau Birah-Birahan cukup berdekatan, Pulau Samber Gelap tepatnya berada di kecamatan Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Untuk berkunjung ke pulai ini, Anda harus menyewa speedboat dari Pelabuhan Samudera, kabupaten Batulicin. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Tetapi jika Anda berangkat dari pusat kota Banjarmasin, Anda membutuhkan waktu lebih lama lagi yakni sekitar 12 jam perjalanan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau ini yakni sekitar bulan April, Mei, Oktober, November dan Desember karena pada bulan-bulan inilah hembusan angina cukup bersahabat.

Sesampainya di pulau ini, Anda kan mendapati pasir pantai yang lembut serta gelombang ombak yang tidak terlalu besar. Keadaan air lautnya cukup jernih dan pemandangan bawah lautnya yang sangat mengagumkan. Tak heran jika tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit bagi para pecinta diving dan snorkeling. Menariknya, di sini terdapat lokasi konservasi penyu, sehingga Anda bisa berwisata yang super lengkap ke Pulau Samber Gelap ini. Biaya masuknya cukup terjangkau hanya sebesar Rp10.000 /orang.