5 Tips Atasi Demam Anak

demam pada anak, langkah pertama atasi demam, obat alami demam, panas berkelanjutan, panas pada anak, solusi anak demam, tips atasi demam anakAnak-anak lebih rentan terhadap demam akibat kondisi cuaca, infeksi, reaksi alergi atau flu. Berikut adalah beberapa solusi untuk membantu anak Anda mengatasi demam.

1. Berikan Anak yang air suam-suam kuku

Mandi hangat sangat membantu untuk anak-anak untuk mendinginkan tubuhnya dan membawa suhu ke bawah. Air dingin tidak boleh digunakan karena dapat membuat menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya meningkat. Pastikan bahwa air tidak dingin. Demikian pula, alkohol atau es tidak boleh digunakan karena dapat menyebabkan lonjakan suhu. Sebuah handuk dingin di dahinya saat dia sedang beristirahat juga bisa bekerja untuk mendinginkan ke suhu tubuh.

2. Berikan Cairan

Demam datang dengan dehidrasi karena tubuh akan menggunakan kekuatan untuk melawan penyakit. Bahkan jika anak Anda sedang beristirahat atau menonton TV, dorong dia untuk minum banyak air, jus buatan sendiri, dan sup untuk mengkompensasi hilangnya air. Jika anak menolak untuk minum, Anda juga bisa memberinya solusi rehidrasi oral untuk untuk mencegah dehidrasi dan mendinginkan tubuhnya.

3. Berpakaian lengan pendek dan nyaman

Pakai pakaian lengan pendek, hindari pakaian yang terlalu tebal agar suhu tubuh anak tidak mengalami panas yang berlebihan (overheating). Kondisikan ruangan agar sejuk dan nyaman dengan jendela yang terbuka. Ini agar suhu tubuhnya menurun. Cobalah untuk membuat suasana di rumah ceria dan nyaman sehingga dapat membantunya untuk pulih lebih cepat.

4. Jaga kebersihan

Jika anak Anda tampaknya tidak memiliki alasan khusus mengapa dia sakit, kita lihat baik di sekitar ruangan dan rumah Anda. Bersihkan debu dan kotoran yang mungkin bersembunyi di sudut. Cuci bedsheets dan selimut sehingga anak tidak mendapat infeksi dari selimut sendiri. Pastikan untuk menjaga tangan Anda bersih saat Anda makan atau menyentuhnya. Pastikan bahwa semua yang dia gunakan juga telah dibersihkan untuk menghindari kontaminasi.


5. Gunakan obat alami untuk mengurangi demam

Salah satu bahan favorit adalah madu yang memiliki daya antiseptik, madu asli juga mempunyai kandungan anti radang, dan mencegah pendarahan. Madu pun bekerja langsung dipusat panas.

Meskipun demam ringan umumnya tidak berbahaya, disarankan untuk membawa anak Anda ke dokter jika usianya di bawah tiga bulan, atau jika demam tak reda dalam tiga hari. Demam mungkin disertai dengan suhu tinggi, nyeri tubuh parah atau alergi. Dokter anak Anda akan meresepkan obat-obatan tertentu yang akan segera menyembuhkan demam dan faktor yang mendasari tanpa resiko.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE