5 Tips Efektif Agar Anak Suka Membaca Buku

January 31st, 2018

Buku merupakan jendela dunia, namun di era modern ini sering dijumpai anak-anak lebih tertarik dengan gadget daripada buku. Oleh sebab itu, ibu bijak harus meningkatkan kesukaan anak terhadap minat membaca buku sejak usia dini.

Dari buku, anak dapat melihat dunia walau tak melihat wujud aslinya. Oleh sebab itu buku sangat penting. Tetapi bagaimana jika anak kurang tertarik membaca buku? Berikut tips yang mungkin dapat membantu meningkatkan minat baca buku pada anak-anak:

anak rajin membaca buku

1. Pilih buku sesuai usia anak

Untuk anak-anak usia dibawah 5 tahun, sebaiknya pilih buku yang sedikit tulisan dan banyak gambar. Gambar-gambar tersebut dapat menstimulasi imajinasi anak-anak. Namun jika anak-anak sudah pandai membaca dan paham dengan isi bacaannya, bunda dapat sedikit demi sedikit membeli buku yang banyak tulisan sedikit gambar.

2. Ajak anak membaca buku yang disukainya

Ketika membeli buku, sebaiknya ajaklah anak ikut serta dan memilih buku yang ia sukai. Ambil beberapa contoh buku dan biarkan ia memilih kesukaanya. Dan jika ia menyukainya, tawarkan padanya apakah mau dibacakan atau tidak, kalau anak menolak biarkan anak tersebut melihat-lihat buku yang ia sukai tersebut.

3. Mengajak anak ke perpustakaan

Bagi sebagian anak, pergi ke perpustakaan adalah hal yang membosankan. Perpustakaan sendiri merupakan tempat dimana berbagai macam jenis buku berada. Apabila anak tidak mau diajak pergi ke perpustakaan, bunda harus pandai mengambil celah. Misalnya ketika anak bertanya hewan yang ia temui dijalanan dan tak tahu hewan apa itu, hal tersebut dapat bunda gunakan sebagai alasan mengajak anak pergi ke perpustakaan.

4. Dorong anak membaca buku sendiri

Ketika anak-anak sudah bias membaca, usahakan bunda menyuruh ia membaca cerita untuk anda. Ketika ia membaca buku dengan lancer dan baik berikan ia pujian, hal ini dengan sendirinya akan meningkatkan rasa bangga dan kepercayaan diri pada diri anak, sehingga ia akan terus menunjukkan kemampuan membacanya kepada bunda.

5. Berikan contoh dengan membaca buku di depan anak

Terkadang hal yang dilupakan orang tua ialah hanya menyuruh tetapi tidak memberikan contoh. Sebaiknya ketertarikan terhadap buku pada ana dimulai dari orang tua terlebih dahulu, dimana orang tua memberikan contoh membaca buku di depan anak, sehingga anak akan termotivasi dan meniru apa yang dilakukan orang tua mereka.

Komentar

BACA JUGA