5 Tips Keluarga Bahagia Saat Bunda Memilih untuk Tetap Bekerja

Idealnya, seorang ibu memang menghabiskan waktunya untuk menjaga keluarga dan mendidik anak di rumah. Namun, kondisi ideal tersebut agak cukup sulit untuk diwujudkan. Dan, pilihan untuk mengejar karier bagi para ibu juga bukan opsi yang sepenuhnya bisa disalahkan. Pilihan itu bergantung dengan kondisi masing-masing keluarga.

Terlepas dari kontroversi pilihan menjadi ibu rumah tangga dan wanita karier tersebut, setiap orang tentu menginginkan punya keluarga yang bahagia. Tujuan ini tetap bisa dicapai, baik ketika bunda memilih jadi ibu rumah tangga ataupun wanita karier. Nah, kalau pilihannya adalah jadi wanita karier, bunda bisa mengikuti 5 tips berikut agar keluarga bahagia dan karier juga lancar.

ibu bekerja

1. Lakukan manajemen waktu secara cermat
Hal pertama yang perlu bunda lakukan adalah dengan melakukan manajemen waktu. Pastikan waktu yang bunda habiskan seimbang, antara waktu untuk keluarga dan waktu di kantor. Usahakan untuk menghindari waktu lembur dan selesaikan tugas tepat waktu. Ingat, selalu ada anak yang menunggu kehadiran bunda di rumah.

2. Jaga keseimbangan
Keseimbangan tidak hanya terkait pembagian waktu. Menjadi seorang ibu sekaligus wanita karier adalah tugas yang berat. Bunda harus siap dengan tanggung jawab yang lebih banyak, karena tidak hanya tanggung jawab di kantor, tapi juga di rumah.

3. Lakukan komunikasi dengan baik
Kesibukan di kantor jangan sampai merusak komunikasi dengan seluruh anggota keluarga. Bunda harus menyediakan waktu khusus untuk bisa bercengkerama dengan ayah ataupun si kecil. Pastikan waktu bersama itu dihabiskan dengan kualitas.

4. Libatkan keluarga
Dalam setiap pengambilan keputusan, bunda harus mengusahakan untuk selalu melibatkan keluarga. Secara khusus, tentunya adalah sosok ayah yang mau tidak mau harus berbagi tugas dengan bunda.

5. Dekatkan diri kepada Tuhan
Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Ingat, seberapa keras usaha yang bunda lakukan, hasil yang diperoleh tidak akan maksimal kalau tidak dibarengi dengan doa kepada Yang Maha Kuasa. Luangkan waktu sejenak di tengah kesibukan di rumah dan di kantor untuk berdoa.

Nah, itulah 5 tips yang bisa bunda terapkan agar memperoleh keluarga yang bahagia meski harus disibukkan dengan tugas kantor. Semoga bermanfaat.