5 Tips Manjur Mengajarkan Anak-anak Menyikat Gigi

September 29th, 2017

Menyikat gigi adalah kebiasaan sehari-hari yang wajib dilakukan. Bunda, dapat mengajarkannya sejak usia dini. Biasakan anak-anak untuk menyikat gigi setiap hari, sebab akibat tidak menyikat gigi sangat atal akibatnya terlebih pada anak-anak. Terlebih anak-anak yang gemar makanan manis.

anak sikat gigi sendiri

Berikut tips mengajarkan anak-anak menyikat gigi

1. Biarkan anak-anak kebebasan memilih

Cara terbaik membujuk si kecil untuk memulai kebiasaan menyikat gigi adalah biarkan si kecil terlibat dalam pemilihan alat untuk menyikat gigi. Ajaklah ia ke supermarket dan biarkan ia memilih sikat gigi dan pasta gigi kesukaannya.

Zaman sekarang, sudah banyak modelsikat gigiyang lucu dan bergambar karakter yang mungkin disukainya. Begitu pula dengan pasta gigi yang memiliki berbagai varian rasa dan harum layaknya permen manis yang disukai anak-anak.

2. Membangun Kebiasaan

Bunda dapat memulai membangun budayamenyikat gigi dengan melakukannya secara rutin. Ketika anak-anak sudah terbiasa menyikat gigi secara rutin setiap hari, anak-anak dengan sendirinya tahu ketika tiba waktunya menyikat gigi.

Setelah anak-anak terbiasa menyikat gigi, barulah bunda dapat mengajarkan teknik menyikat gigi yang benar secara bertahap.

3. Jangan mempermasalahkan teknik menyikat gigi anak

Ketika anak-anak diajarkan menyikat gigi pertama kalinya, mereka hanya paham cara menggosok bagian ini dan itu. Jangan mempermasalahkan teknik anak-anak yang belum paham membersihkan gigi hingga ke sela-sela dengan benar.

Jika bunda mempermasalahkannya dan terus-terusan memarahi bahkan meminta si kecil mengulang teknik yang benar akan mengakibatkan si kecil kehilangan kemauan belajar menyikat gigi.

4. Beri contoh

Anak-anak suka sekali meniru kebiasaan orangtua. Sehingga bunda dapat memberikan contoh menyikat gigi serta menjadikan hal tersebut kebiasaan. Ketika anak-anakpertama kali belajar menyikat gigi, bunda wajib mendampingi dan memberi contoh.

5. Jelaskan akibat tidak menyikat gigi

Untuk menambah semangat belajarnya, ajarkan anak-anak mengetahui akibat tidak menggosok gigi. Bunda dapat memberi penjelasan dengan kalimat sederhana. Tetapi jangan menakut-nakuti anak-anak agar ia mau sikat gigi.

Menurut dokter gigi, jika anak-anak sudah bisa meludahkan air dari mulut maka bunda dapat membiasakan menyikat gigi dengan pasta gigi. Namun jika anak-anak belum bisa, bunda cukup

mengajarkan anak-anak menyikat gigi tanpa pasta gigi. Dan yang perlu bunda ketahui kandungan fluoride bagi anak dibawah 3 tahun yakni 25 mg sedangkan untuk anak-anak usia 3 hingga 6 tahun 5 mg. Fluoride sendiri memiliki dampak ketika anak-anak sudah dewasa yakni munculnya noda putih pada gigi.

Komentar

BACA JUGA