5 Tips Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Anak-anak merupakan masa dimana Anda seorang ibu wajib mengajarkan nilai-nilai kehidupan serta ilmu pengetahuan. Namun yang tak kalah penting ialah rasa kepercayaan diri. Membangun sebuah kepercayaan diri pada anak sangat bermanfaat hingga ia dewasa nantinya. Rasa percaya diri mampu membuat seorang anak bersosialisasi hingga menumbuhkan sikap terbaik yang dapat dilakukan ketika sesuatu terjadi padanya atau pada teman-temannya.

tips melatih rasa percaya diri anak

Berikut beberapa hal yang dapat membangun rasa percaya diri pada anak.

1. Sering berkomunikasi

Komunikasi merupakan senjata utama dalam membangun sebuah hubungan antara ibu dan anak. Anda wajib menjadi pendengar dan pembicara apapun yang ingin diketahuinya atau permasalahannya. Anda dapat mengajak si kecil untuk memberitahukan apa yang sedang terjadi padanya. Dengan cerita si kecil, Anda dapat memberikan nasehat apa yang sebaiknya ia lakukan. Dengan begitu, ia dapat meyakinkan dirinya bahwa yang diucapkan oleh Anda baik untuk dilakukan.

Begitu juga jika si kecil banyak bertanya tentang ini itu, Anda wajib menjawabnya. Dengan Anda menjawab pertanyaannya akan membuat si kecil percaya bahwa ia dihargai. Jangan abaikan pertanyaan si kecil, jika Anda terus-terusan memberikan sebuah penolakan besar kemungkinan si kecil tidak ingin bertanya lagi dan membuat ia menutup diri dan kehilangan kepercayaan diri.

2. Aktivitas Yang Membuat Si Kecil Senang

Seringlah mengajak anak melakukan kegiatan yang menyenangkan. Dari banyaknya kegiatan yang Anda berikan, selain membangun kepercayaan diri ia akan menemukan bakat alaminya. Ajarkan ia melukis, menggambar, bermain musik, menari, dll kegiatan tersebut selain mengenalkannya sesuatu yang baru anak-anak akan merasa senang. Pastikan juga anak Anda merasa termotivasi dari kegiatan yang Anda ajarkan.

3. Ajarkan Si Kecil Menjadi Seorang Yang Pemaaf

Anak-anak sering kali melakukan kesalahan dalam bermain ataupun belajar. Hal ini sangat wajar dan Anda dapat mengajarkan kepada si kecil bahwa menjadi pemaaf merupakan kebaikan. Ajarkan kepada Anak Anda apabila ia melakukan kesalahan entah itu kecil untuk selalu mengatakan “maaf” kepada siapapun. Dengan selalu memberikan pengajaran menjadi pemaaf anak Anda akan belajar bahwa semua kesalahan dapat diperbaiki dan semuanya itu baik-baik saja.

4. Ajarkan anak menetapkan cita-cita serta berusaha untuk mencapainya

Bukan ide yang baik jika Anda terus memuji dan mengabaikan kekurangannya. Dalam hal kekurangan Anda lebih baik tak mengatakannya namun mengajarkan bagaimana caranya. Dalam penetapan sebuah cita-cita, Anda wajib mengenalkannya pada si kecil tentang segala profesi yang ada. Ijinkan si kecil memilih ingin jadi apa ia dewasa nanti.

Jika ia sudah menetapkannya, ajari ia dan bantu cara mencapai cita-citanya. Misalnya si kecil ingin menjadi penari, maka Anda dapat memasukan si kecil pada kelas menari. Mulai didik anak Anda mencapai cita-citanya. Anak-anak yang dapat mencapai cita-citanya tentu akan merasa percaya diri serta lebih bahagia.

5. Menjadi Teladan Yang Baik

Anak-anak adalah peniru ulung, hal ini harus Anda terapkan pada didikan Anda. Anak-anak mendapat informasi dan contoh kehidupan sehari-hari dari Anda sebagai orang tua. Anda wajib memberitahukan mana yang baik dan yang buruk dan apa yang seharusnya dilakukan dengan memberikan nasehat serta contoh dalam berperilaku. Sehingga anak-anak akan bersikap hal yang sama ketika di rumah ataupun didalam lingkungan sosialnya.

Jangan hanya mengatakan apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan tanpa praktik nyata dari Anda. Jika anak melihat orang tuanya tidak takut mengekspresikan dirinya, maka anak-anak akan mengikuti hal tersebut secara terbuka kepada siapapun.

Membangun kepercayaan diri anak bergantung bagaimana Anda mengajarkannya. Do Action it’s better than talk. Anda dapat mengajarkan anak untuk membantu orang tua dalam hal apapun seperti menyiram bunga, atau kegiatan ringan lainnya. Anak-anak cenderung lebih suka menolong orang lain kemudian diberi pujian. Hal sekecil ini pun dapat membangun rasa percaya diri pada anak.

Yang terpenting dari pengajaran ialah komunikasi. Anda wajib menjadi pendengar dan pembicara yang baik. Dari sebuah perkataan saja, anak-anak dapat merasa senang dan tentu merasa percaya diri.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE