5 Tips Mempersiapkan Kelahiran Anak Pertama, Catat Nih Buat Para Orang Tua Baru!

October 21st, 2017

Kehamilan pertama merupakan fase mendebarkan bagi pasangan yang baru memiliki anak. Tak heran banyak ibu muda yang khawatir berlebih akan kelahiran anak pertama mereka. Banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh pasangan baru diantaranya:

persiapan bayi pertama

1. Diskusikan dengan pasangan akan pilihan proses melahirkan nanti

Selain mendiskusikan dengan pasangan, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kandungan serta melakukan riset akan proses melahirkan. Jika dirasa Anda mampu melahirkan secara normal maka pilih melahirkan secara normal sebagai pilihan.

Efek samping kelahiran normal sangat kecil dan justru banyak memberi manfaat kepada Anda. Namun, jika kondisi Anda tidak memungkinan atau terdapat masalah kesehatan ibu atau calon bayi dan mendapat persetujuan dokter, maka dapat memilih operasi caesar sebagai pilihan.

2. Pilih Rumah Sakit & Dokter

Anda harus cermat memilih dikter kandungan, sebab dokter kandungan akan memberikan referensi rumah sakit mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dokter akan menjelaskan secara terperinci mengenai fasilitas, pelayanan hingga persyaratan administrasi.

Jika Anda berencana menggunakan BPJS maka cari rumah sakit yang memberikab jaminan dengan BPJS. Dan tak lupa rajinlah membayar iuran BPJS agar ketika masa persalinan tak mendapat kendala dengan administrasi.

3. Persiapkan Perlengkapan Ibu & Bayi

Perlengkapan ibu & bayu sebaiknya Anda dan pasangan telah menyiapkannya sebelum tiba HPL (Hari Perkiraan Lahir). Persiapkan mulai dari pakaian hingga perlengkapan mandi dalam tas khusus yang siap dibawa ketika datang HPL.

Hal ini berguna apabila HPL datang lebih cepat dari perkiraan, sehingga Anda tak perlu panik sehingga lupa dengab perlengkapan terpenting ibu & bayi.

4. Informasi Tentang ASI

ASI merupakan makanan penting dan sumber energu bagi sang bayu. Oleh sebab itu sebagai calon ibu wajib memahami betul tentang ASI. Setidaknya calon ibu paham akan cara memompa ASI, ASI yang belum lancar, gizi yang dibutuhkan agar ASI melimpah, cara menyimpan ASI perahan hingga ASI yang terus keluar.

5. Informasi Perawatan Bayi Serta Suami Siaga

Menantu kelahiran anak pertama harus diimbangi dengan pengetahuan akan merawat sang buah hati. Mulai dari cara merawat tali pusar, cara memandikan bayi, membersihkan kotorannya hingga menggunting kuku.

Informasi perawatan bayi tak hanya calon ibu saja yang wajib memahaminya. Namun, calon ayah juga harus paham serta selalu mendampingi sang istri. Suami harus selalu mendampingi sejak HPL. Ada banyak yang dapat dilakukab suami seperti meringankan konstraksi pada istri.

Diatas adalah 5 persiapan kelahiran anak pertama yang wajib Anda perhatikan. Persiapan dibutuhkan oleh banyak pasangan baru namun harus tetap diimbangi dengan pengetahuan agar persiapan semqkin efektif dan bermanfaat.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...