5 Tips Mendidik Agar Anak Tidak Manja, Keras Kepala, serta Dapat Hidup Mandiri

Dalam banyak kasus, orang tua kerap memiliki pola pengasuhan anak yang salah. Akibatnya, anak tumbuh dengan sikap manja yang berlebihan dan tak bisa hidup mandiri. Kondisi tersebut bisa lebih parah kalau ternyata anak juga memiliki sikap keras kepala.

Oleh karena itu, orang tua juga perlu memberikan pola pengasuhan yang berbeda. Tujuannya, agar anak dapat jauh-jauh dari sikap manja serta keras kepala berlebihan. Selain itu, bunda juga bisa mengharapkan anak tumbuh menjadi seorang pribadi yang mandiri.

anak manja

Bagaimana caranya? Ada 5 tips pengasuhan dan pendidikan anak yang bisa bunda terapkan di rumah, yaitu:

1. Tidak menuruti semua keinginan anak

Hal pertama harus dilakukan bunda adalah dengan tidak mengikuti semua keinginan si kecil. Hal ini sangat penting untuk mengajarkan anak bahwa tidak semua keinginannya bisa didapatkan dengan mudah. Sesekali, bunda juga bisa menolak keinginan tersebut.

Hal ini bisa menjadi pelajaran penting bagi si kecil. Di satu sisi, mereka bisa menjadi tidak terlalu manja. Di sisi lain, bunda bisa mengajarkan agar anak memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Selain itu, ketika melakukan penolakan, bunda juga perlu memberi alasan yang logis kepada anak.

2. Jangan membuat banyak larangan

Larangan kerap dilakukan oleh orang tua dengan tujuan untuk melindungi anak. Namun, tak jarang, anak merasa kalau terlalu banyak larangan yang harus mereka hindari selama di rumah.

Di sini, bunda perlu melakukan komunikasi yang lebih efektif dengan anak. Alih-alih melarang, bunda bisa mengajarkan dampak yang bisa diterima anak ketika melakukan sebuah tindakan. Selain itu, pastikan untuk selalu menemani anak ketika bermain.

3. Hindarkan anak dari kebiasaan berbohong

Jangan biarkan anak terbiasa berkata bohong. Untuk melakukan hal ini, bunda perlu membiasakan komunikasi yang nyaman dengan anak. Dengan komunikasi yang baik, anak pun dapat menceritakan segala hal kepada bunda.

4. Jangan gunakan hukuman fisik

Memberi hukuman memang perlu untuk mendidik anak. Namun, pertimbangkan kembali kalau hukuman yang bunda berikan adalah hukuman fisik. Hal itu malah membuat anak tumbuh dengan luka menganga di hatinya. Tak menutup kemungkinan hal ini malah membuat anak jadi bersikap keras kepala serta suka memberontak.

5. Kasih sayang dan perhatian

Terakhir, bunda beserta ayah juga perlu memberikan kasih sayang serta perhatian kepada si kecil. Kalau bunda punya anak lebih satu, ada hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai terdapat ketimpagan dalam pemberian kasih sayang. Hal itu akan membuat anak menjadi iri kepada saudaranya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE