5 Tips Mengajak Anak Bangun Sahur, Biar Puasanya Kuat

Bulan puasa sudah di depan mata. Umat Islam pun diwajibkan untuk berpuasa. Di sisi lain, anak-anak juga harus diajak untuk belajar berpuasa. Dengan begitu, mereka bisa terbiasa menjalankan ibadah ini ketika sudah dewasa. Oleh karena itu, sebagai orang tua, bunda perlu membiasakan pola berpuasa kepada si kecil.

Nah, hal yang tidak kalah penting dalam mengajarkan puasa kepada anak adalah dengan mengajak si kecil sahur bersama. Bangun di pagi buta untuk makan yang kemudian menjadi bekal untuk melakukan beragam aktivitas dengan kondisi perut kosong. Tentu, hal ini tidak mudah. Namun, semuanya dimulai dengan langkah kecil dan usaha terus-menerus dari bunda.

anak makan sahur

Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini ada 5 tips efektif dalam mengajak anak agar bisa bangun sahur:

1. Mengajarkan kepada anak pentingnya makan sahur
Tips yang pertama dan perlu bunda ajarkan kepada anak adalah dengan menginformasikan pentingnya makan sahur di bulan puasa. Dengan begitu, anak memiliki pemahaman dalam kepalanya kenapa dia harus mengikuti kebiasaan yang berbeda di bulan Ramadhan ini. Selain itu, pastikan untuk memakai bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti si kecil, ya.

2. Ajak anak tidur lebih cepat
Tips yang kedua, pastikan bunda untuk mengajak anak tidur lebih cepat. Harapannya, anak bisa dengan mudah bangun ketika sudah masuk waktunya sahur. Misalnya, ketika anak terbiasa tidur pukul 9, usahakan untuk menuju kamar tidur di jam 8.

3. Sediakan menu favorit anak
Langkah selanjutnya dalam mengajak anak biar mau makan sahur adalah dengan menyediakan menu favorit mereka. Dengan menyediakan menu yang disukai, setidaknya bisa menstimulasi nafsu makan anak sehingga tidak malas-malasan dalam menyantap menu sahurnya.

4. Makan sahur di akhir waktu
Sunah Nabi menganjurkan kepada umatnya untuk membiasakan makan sahur di akhir waktu. Hal ini memberi beberapa manfaat kepada si kecil. Di satu sisi, mereka bisa beristirahat dengan waktu yang cukup. Di sisi lain, makan di akhir waktu memberi waktu kenyang yang lebih lama. Selain itu, makan di akhir waktu juga memungkinkan anak tidak tidur sebelum menjalankan salat subuh.

5. Berikan penghargaan
Terakhir, bunda harus memberi penghargaan ketika anak mau makan sahur. Ingat, ini adalah salah satu pencapaian yang berhasil dilakukan oleh anak. Oleh karena itu, dengan memberikan hadiah yang sesuai, anak akan memiliki motivasi tinggi untuk mengulanginya.

Nah, dengan 5 tips tersebut, semoga bunda berhasil mengajak si kecil makan sahur bersama, ya.