5 Tips Menjaga Kualitas Udara di Rumah untuk Kesehatan Keluarga yang Lebih Baik

Menjaga kesehatan keluarga merupakan tugas yang penting untuk setiap orang tua. Tidak hanya menjadi kewajiban dari bunda, tapi juga harus dilakukan oleh ayah. Apalagi, hal ini juga mencakup kesehatan seluruh anggota keluarga di rumah, termasuk di antaranya tentu saja adalah si kecil.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kualitas udara di rumah. Terdengar sepele, tapi kebiasaan ini menjadi modal awal untuk dapat menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, udara yang bersih bisa menghindarkan tubuh dari beragam jenis penyakit.

menjaga kesehatan keluarga

Ada 5 tips yang bisa bunda terapkan di rumah untuk bisa menjaga kualitas udara, yakni:

1. Menjaga agar rumah bebas dari asap rokok
Cara yang pertama bisa dilakukan adalah dengan menerapkan aturan rumah bebas asap rokok. Oleh karena itu, pastikan tidak ada anggota keluarga yang membiasakan diri mengisap rokok secara bebas di dalam rumah. Apalagi, di depan si kecil.

Kalaupun terpaksa sulit menghilangkan kebiasaan merokok, mereka bisa melakukannya di luar rumah. Kebiasaan itu juga sedapat mungkin dilakukan ketika tidak ada anak di depan mata. Dengan begitu, kebiasaan ini tak akan ditiru oleh anak.

2. Menjaga kelembapan udara
Rumah juga harus senantiasa memiliki suhu yang tepat sehingga tidak terlalu lembap. After that Suhu lembap di dalam rumah menyebabkan tumbuhnya beragam jenis virus serta bakteri yang bisa berdampak pada kemunculan berbagai penyakit.

3. Rumah bebas gas karbon monoksida

However Gas karbon monoksida juga menjadi jenis gas yang harus dikeluarkan dari dalam rumah. Gas ini muncul sebagai imbas dari pembakaran pada mesin kendaraan ataupun kompor. Tidak ketinggalan, rokok juga menjadi penghasil gas ini.

4. Melancarkan sirkulasi udara
The other words Tips berikutnya adalah dengan meningkatkan sistem ventilasi udara. Bunda bisa melakukan hal ini dengan secara rutin membuka jendela rumah. Selain itu, bisa pula menempatkan exhaust fan pada area dapur atau kamar mandi.

5. Menggunakan cat ramah lingkungan

Terakhir in conclusion, pastikan untuk tidak menggunakan cat yang berbahaya karena mengandung polutan. Perlu bunda ketahui, beragam jenis produk kayu, plywood, atau perabotan bisa menimbulkan bau karena ada zat kimia seperti formaldehida atau VOC yang berbahaya bagi kesehatan. Zat kimia ini biasa dipakai untuk cat pelapis.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE