5 Tips Sehat Ala Rasulullah

tips-sehatTanpa disadari, seiring dengan berkembangnya zaman, berbagai macam penyakit serta penyebarannya semakin beragam dan tak terkendalikan. Mungkin Anda merasakan bagaimana penyakit yang dialami sulit sembuh meski sudah mengonsumsi berbagai macam obat mulai dari obat herbal hingga obat kimia. Ternyata hal ini juga diamini banyak orang hingga para peneliti pun menyatakan bahwa virus penyakit sekarang ini sangat kebal dan kuat. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah lingkungan manusia yang semakin berpolusi.

Untuk mendapatkan kualitas hidup yang sehat di jaman sekarang, tidak ada salahnya jika kita kembali ke metode yang dahulu dilakukan oleh pendahulu kita secara tradisional untuk membentengi diri dari penyakit. Salah satu contohnya adalah menerapkan pola hidup sehat seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW berikut ini.

Tidur tepat waktu

Rasulullah SAW memberikan contoh kepada umatnya untuk tidur di awal waktu, karena tidur merupakan kunci sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan tidur, tubuh dapat beristirahat dan memperbaharui setiap sel tubuh yang rusak. Tidur juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental untuk selalu stabil. Waktu tidur yang paling ideal adalah 1-2 jam setelah shalat isya di awal waktu. Kemudian Anda bisa bangun di akhir malam untuk melakukan shalat Tahajjud, lalu menunggu waktu subuh tiba.

Makan secukupnya saat lapar tiba

Selain tidur, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk makan secukupnya, “makanlah di saat lapar dan berhenti sebelum kenyang”. Mungkin kalimat yang berasal dari hadits ini sangat populer di telinga kita semua. Ternyata, hal ini bertujuan untuk memberikan kelapangan kepada sistem pencernaan kita untuk bekerja memproses makanan yang telah kita makan tanpa membebaninya. Saat makan, Rasulullah juga mengajarkan kita untuk makan secara perlahan dan tidak berlebihan.

Makan dan minum dalam kondisi duduk

Melakukan aktivitas makan dan minum dengan duduk tidak hanya akan membuat kita menjadi merasa nyaman, tetapi juga menyehatkan. Itulah yang Rasulullah contohkan, bahkan beliau memberikan anjuran saat duduk ketika makan tidak boleh sambil bersandar. Menurut penelitian, makan sambil berdiri ternyata tidak baik, karena katup sistem pencernaan terbuka sehingga makanan yang dimakan tidak terproses sempurna.

Berpuasa

Puasa tidak hanya mengajarkan kita mengendalikan hawa nafsu, tetapi berpuasa juga memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dalam mencerna makanan sehingga proses detoksifikasi dalam tubuh menjadi lancar. Menurut ahli herbal, salah satu keuntungan dari melakukan puasa sunnah secara rutin adalah mengeluarkan angina dalam darah yang menyebabkan berbagai penyakit.

Itulah 5 tips sehat ala Rasulullah yang sangat sederhana tapi seringnya diabaikan banyak orang khususnya umat Muslim. Hidup sehat adalah pilihan, jadi apakah Anda memilih untuk mengabaikan tips Rasulullah ini atau melakukannya secara konsisten? Give your choice….

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE