5 Tips yang Perlu Bunda Lakukan Agar Proses Kelahiran Normal Berjalan Lancar

April 13th, 2018

Proses kelahiran bayi menjadi momen yang selalu ditunggu oleh setiap keluarga. Tidak hanya itu, seorang ibu pun banyak yang berkeinginan untuk bisa melahirkan bayinya dengan cara normal. Bukan operasi caesar. Meski, pada akhirnya, karena kondisi yang tidak memungkinkan, ada beberapa yang memilih melahirkan secara caesar.

Terlepas dari pilihan tersebut, perlu diketahui bahwa proses kelahiran secara normal merupakan momen yang berbahaya. Tidak jarang nyawa ibu tidak terselamatkan ketika proses kelahiran normal tidak berjalan secara lancar. Oleh karena itu, bunda perlu mengetahui tips agar persalinan normal dapat dijalankan secara lancar dan ibu serta anak tidak menjadi korban.

tips melahirkan bayi normal

1. Persiapkan mental

Tips pertama yang perlu bunda perhatikan adalah dengan mempersiapkan mental sebaik-baiknya. Jangan terbebani atau malah takut ketika menghadapi persalinan. Hal-hal negatif yang muncul di kepala, bisa menimbulkan efek yang negatif pula.

2. Persiapkan waktu istirahat yang cukup

Melahirkan secara normal merupakan proses yang lama dan benar-benar menguras tenaga. Apalagi, bagi seorang ibu yang melahirkan anak pertamanya. Oleh karena itu, bunda perlu mengistirahatkan tubuh agar ketika proses persalinan bisa dilakukan secara lancar. Terlebih, mengejan merupakan aktivitas yang butuh energi lebih.

3. Patuhi instruksi penolong ketika proses persalinan

Kehadiran penolong merupakan hal yang krusial selama proses persalinan. Oleh karena itu, bunda perlu memperhatikan setiap instruksi yang diberikan oleh penolong tersebut.

Dalam setiap proses persalinan, penolong akan memberikan panduan terkait posisi melahirkan, injeksi berbagai jenis obat, serta mengajarkan berbagai teknik mengejan. Selain itu, bunda juga perlu memperhatikan prosedur yang telah ditetapkan.

4. Jangan menahan BAB atau buang air kecil

Tips berikutnya adalah dengan tidak menahan rasa ingin buang air kecil ataupun buang air besar. Perlu bunda ketahui, kandung kemih yang dalam kondisi penuh cairan bisa menyebabkan kontraksi rahim berkurang dan membuat proses penurunan bayi terhambat.

5. Ikuti panduan teknik distraksi relaksasi

Terakhir, bunda perlu mengikuti panduan teknik distraksi relaksasi yang diberikan. Pada praktiknya, sering terjadi seorang ibu yang mengejan sebelum waktunya tiba. Hal ini bukannya membuat persalinan lancar, malah menjadi penghambat.

Teknik distraksi relaksasi sendiri merupakan teknik untuk mengambil napas panjang dari hidung dan kemudian membuangnya lewat mulut. Teknikini berguna untuk membuat bunda tidak mengejan.

Demikian tips yang bisa bunda ikuti ketika ingin melahirkan anak lewat persalinan normal. Semoga bermanfaat, ya.

Komentar

BACA JUGA