500 Kota di Indonesia Bisa Melihat Gerhana Matahari Total & Sebagian Yang Akan Terjadi 9 Maret 2016

gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, proses terjadinya gerhana matahari, terjadinya gerhana bulan, gerhana bulan darah, video gerhana matahari, video gerhana bulan, gerhana bulan dan matahari, gerhana matahari dan bulanGerhana Matahari adalah suatu peristiwa yang terjadi di mana posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari yang mengakibatkan bumi mengalami kegelapan selama beberapa saat karena sinar matahari terhalangi oleh bulan. Gerhana matahari ada 4 jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana sebagian, gerhana cincin dan gerhana hibrida. Gerhana Matahari total adalah salah satu fenomena alam yang paling fenomenal dibanding ketiga jenis gerhana lainnya karena sinar matahari benar-benar dihalangi oleh bulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitternya menginformasikan bahwa pada tanggal 9 maret 2016 mendatang akan terjadi gerhana matahari total yang akan melanda 45 kota di 12 provinsi di Indonesia. BMKG memprediksikan bahwa untuk wilayah Indonesia bagian Barat, gerhana matahari total akan terjadi mulai pukul 06.20 WIB, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian Tengah gerhana matahari total akan terjadi mulai pukul 07.30WITA, dan wilayah Indonesia bagian Timur gerhana matahari total akan terjadi mulai pukul 08.40 WIT. Masyarakat di luar 45 kota yang diprediksipun kabarnya bisa melihat gerhana matahari ini, hanya saja cuma sebagian dan bisa dilihat oleh hampir 500 kota di seluruh Indonesia.

peta greenwich, gambar gerhana matahari, gambar gerhana bulan, pengertian gerhana bulan, pengertian gerhana matahari, gerhana bulan hari ini, proses terjadinya gerhana bulan

Gerhana matahari total ini diprediksikan akan berlangsung selama lebih dari 1 jam untuk setiap area waktu, perkiraan berakhirnya gerhana untuk setiap area waktu adalah pukul 08.36 WIB, 10.00 WITA, dan 11.24 WIT. Durasi gerhana matahari total terlama akan dialami oleh daerah Maba, Maluku Utara yakni hingga 3 menit 19 detik.

peta magnitudo, gerhana bulan, gerhana bulan berdarah, foto gerhana bulan, gerhana, bagian bagian matahari, bulan berdarah, gerhana matahari

Berkaitan dengan fenomena alam ini, Kementrian Pariwisata bahkan menjadikannya sebagai obyek wisata nasional, dan salah satu spot pengamatan yang direncanakan adalah tepat di atas jembatan Ampera, Palembang. Sedangkan pusat Acara Gerhana 2016 akan diadakan di Pantai Terenteng, Bangka.

gerhana matahari total 2016

Fenomena alam Gerhana matahari total memang terjadi setiap beberapa tahun sekali. Sebelumnya gerhana matahari total pernah dialami Indonesia pada tahun 1983, 1988 serta 1995. Setelah terjadinya gerhana matahari total Maret mendatang, Indonesia baru akan mengalaminya kembali pada tahun 2023 dan 2042. Fenomena alam yang sangat langka bukan? Yuk, kita tunggu saja fenomena alam ini sebulan lagi, jangan lupa persiapkan peralatan pengamatan ya!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE