6 Inspirasi Kegiatan Seru Keluarga Untuk Mengisi Libur Panjang di Rumah

Sebentar lagi libur panjang akan segera tiba. Sudahkah Anda menyiapkan rencana untuk berlibur bersama sang buah hati dan keluarga tercinta? Jika Anda merupakan orangtua yang bekerja di luar rumah, tentu Anda akan merasa khawatir apabila tidak dapat menghabiskan waktu bersama si kecil. Terlebih lagi, ini adalah kesempatan emas bagi Anda untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan sang anak.

Tak perlu harus selalu menghabiskan waktu libur panjang di luar rumah, untuk lebih meningkatkan kedekatan dengan sesama anggota keluarga khususnya buah hati tercinta, Anda bisa mengisi waktu liburan di rumah. 6 kegiatan seru berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi mengisi liburan yang seru dan mengasyikkan meskipun hanya dilakukan di rumah. Yuk, disimak!

Memasak & makan bersama

memasak bersama

Kegiatan ini akan makin terasa menyenangkan saat anggota keluarga lain hadir berkunjung ke rumah. Selain menjalin kedekatan melalui silaturahmi, suasana rumah pun makin hangat dan bahagia. Carilah informasi mengenai berbagai menu masakan atau hidangan yang sekiranya si kecil atau keluarga inginkan akhir-akhir. Jangan lupa, pilihlah menu yang mudah dibuat dan persiapkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan.

Selain mengajak anak-anak untuk ikut memasak bersama, Anda bisa mengajak mereka untuk ikut berbelanja langsung lho. Pilihlah pasar tradisional agar anak-anak juga banyak belajar mengenai kehidupan sosial. Jika memungkinkan, tempatkan posisi Anda sebagai asisten Anak yang membantu mereka memasak.

Berkemah di halaman rumah

berkemah bersama

Acara camping atau berkemah bersama anak-anak dan anggota keluarga pasti mengasyikkan. Pilihlah hari di mana cuaca kira-kira sedang cerah berhubung bulan ini sudah masuk musim penghujan. Bernyanyi bersama sambil menyalakan api unggun kecil, membakar jagung dan hidangan barbeque ala rumahan pasti sangat menyenangkan. Jika tidak ada anggota keluarga yang bisa memainkan alat musik, cukup dengan lantunan musik klasik sambil bermain aktivitas tebak-tebakan atau sekedar menikmati indahnya kerlip bintang di langit akan menjadi momen yang sulit dilupakan oleh si kecil.

Membuat paper art

paper art wallpaper

Saat ini paper art wallpaper sedang hits di kalangan pecinta seni, tak salah jika anak-anak diperkenalkan dengan seni memotong dan melipat kertas untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Kegiatan ini juga dapat melatih kesabaran dan kreativitas anak-anak lho! Banyak tutorial yang bisa Anda dapatkan di media social maupun internet yang bersumber dari para crafter luar negeri. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan liburan serunya ya!

Belajar bercocok tanam

bercocok tanam anak

Musim penghujan adalah musim terbaik untuk menanam. Ambil kesempatan ini untuk membuat anak-anak menyukai alam dan tumbuhan. Anda bisa mengajak mereka menanam sayuran, buah-buahan, atau bunga-bunga di pekarangan rumah. Jangan lupa ajak mereka mempersiapkan material penanamannya juga ya, seperti polybag atau pot bunga, sendok pengaduk tanah, juga alat penyiraman. Biarkan mereka belajar memasukkan tanahnya sendiri ke dalam polybag, dan tunjukkan bagaimana cara menanam atau menebar benih tanaman yang tepat. Saat sayurnya siap dipanen, ajaklah mereka untuk ikut memanennya. Dengan begitu mereka akan merasa senang dan bangga karena telah berhasil menanam sendiri sayurannya.

Menonton Film bersama

menonton di rumah

Aktivitas liburan seru lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah menonton film bersama. Pilihlah film-film mendidik yang sekiranya memiliki efek positif bagi sang anak. Film-film komedi juga bisa menjadi alternatif untuk ditonton bersama. Hindari menonton film horor, jika Anda memiliki anak di bawah usia 10 tahun.

Peka terhadap lingkungan sekitar

berburu serangga

Inilah saatnya untuk mengeksplor lingkungan di sekitar rumah Anda setelah sibuk dengan rutinitas di tempat kerja ketika libur panjang. Anda bisa mengunjungi taman terdekat dan jika tertarik, Anda bisa berburu serangga bersama si kecil. Bagaimana, mengasyikkan bukan? Selain menyenangkan, aktivitas ini juga dapat meningkatkan kesadaran anak akan lingkungan yang sedang ia tinggali.

Masa kanak-kanak adalah masa-masa berharga si kecil dalam menyimpan kenangan terbaik dalam hidupnya. Jadi buatlah setiap masa liburan panjang anak menyenangkan dan tentunya penuh dengan makna. Selamat berlibur! ^^

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE