6 Metode Parenting Modern yang Efektif untuk Orang Tua

October 7th, 2017

Memiliki metode parenting modern sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Metode parenting yang baik adalah dengan membiarkan anak berkembang sesuai kemampuan tanpa hambatan berupa protektif yang berlebihan. Sehingga anak tidak akan merasa bahwa bunda terlalu mengatur jalan hidup sang anak. Berikut ini 6 metode parenting, dikutip dari web theAsianparent, yang harus Bunda tiru;

metode parenting modern

1. Membiarkan anak bermain di luar ruangan sejak dini

Sejak dini, bahkan sejak bayi, Bunda harus sering-sering mengajak anak untuk bermain di luar ruangan. Tidak perlu jauh, cukup di halaman rumah atau sekadar jalan-jalan di taman yang dekat dengan rumah juga tidak apa. Asalkan anak bisa bermain bebas di luar ruangan.

Hal ini dapat berdampak positif bagi tumbuh kembangnya. Sebab, di luar ruangan anak akan mendapat sinar matahari dan udara yang segar yang bermanfaat bagi dirinya.

2. Jadikan masa kecilnya sederhana namun penuh makna

Anak secara naluriah memang suka bermain. Kebutuhan bermain sang anak ini sangat penting supaya anak dapat menikmati masa kanak-kanaknya. Tak perlu memenuhi jadwal hariannya dengan kegiatan yang berat yang tak sesuai dengan usianya, misalnya seperti memberi berbagai macam kegiatan belajar dan les ini itu.

Tetapi cukup menyimbangkan antara waktu bermain dan belajar sang anak supaya tidak berdampak buruk bagi anak. Cukup buat masa kecil anak sederhana, tanpa bebanyang belum mampu dipikul olehnya.

3. Ajari anak mencintai lingkungan

Anak adalah peniru yang handal, itu yang harus Bunda ingat. Maka untuk mengajari anak untuk mencintai lingkungannya, alih-alih hanya berbicara pada anak, lebih baik contohkanlah. Misalnya ketika membuang sampah, tunjukkan pada sang anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Ajak kebiasaan baik ini sejak sedini mungkin supaya tertanam dalam memorinya untuk selalu mencintai lingkungan dan akhirnya kebiasaan itu terus berlanjut hingga dewasa.

4. Biarkan anak kotor sesekali

Mungkin kebanyakan Bunda akan langsung menegur atau melarang anak untuk tidak bermain lumpur, pasir karena takut anak akan terserang penyakit. Padahal, membiarkan anak untuk kotor sesekali dapat meningkatkan system imun si anak. Dan juga, anak akan belajar bagaimana bisa bersenang-senang melalui kegiatan yang sederhana. Tetapi setelah itu, minta anak untuk segera mandi dan berikan multivitamin penguat system imun bila Bunda khawatir si kecil akan sakit.

5. Jangan terlalu mengikuti budaya

Banyak sekali budaya untuk merawat anak dari leluhur yang hadir di masyarakat Indonesia. Tetapi yang harus Bunda lakukan adalah ikuti insting, mana yang terbaik dan mana yang buruk. Biarkan anak tumbuh tanpa terlalu dikekang dengan pamali yang beredar yang mengganggu pikikran Bunda.

6. Batasi waktu screen time

Televisi dan smartphone memang benda yang sangat memberi informasi sekaligus hiburan. Tetapi Bunda dan si kecil harus punya waktu luang untuk melakukan kegiatan bersama seperti bermain bersama tanpa benda canggih itu misalnya. Dan akan lebih baik Bunda juga memberi contoh untuk melewati beberapa jam dalam sehari tanpa kedua benda canggih tersebut. Ingat, anak adalah pencontoh yang terampil.

Komentar

BACA JUGA