6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

November 14th, 2017

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si kecil, Bunda harus mengetahui hal-hal dari yang terkecil hingga terbesar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bayi. Hal-hal yang berkaitan dengan bayi bisa dimulai dari kesehatan kulit si kecil. Apalagi kulit adalah organ terluar dan organ terluas manusia. Karena bayi pada tahun pertama sangat rentan terhadap serangan infeksi dan penyakit, maka, dikutip dari web nakita, yuk, kenali penyakit kulit yang bisa menyerang bayi;

penyakit kulit anak

1. Jerawat

Jangan salah, kulit si bayi juga bisa terkena jerawat, lho. Tidak hanya muncul di pipi, dahi, dagu, tapi juga bisa terjadi punggung. Jerawat pada bayi penyebabnya bisa karena perubahan hormone ibu atau perubahan suhu udara mendadak setelah bayi lahir. Selain itu, jerawat pada bayi juga bisa terjadi karena air liur, susu dan terkena pakaian yang kasar.

Juga detergent bisa menjadi akibat si kecil terkena jerawat. Sehingga pastikan mencuci baju si kecil terpisah dengan cucian lainnya agar bayi terhindar dari penyakit kulit seperti jerawat ini. Namun, jangan khawatir karena jerawat bisa sembuh dengan sendirinya walaupun membutuhkan waktu yang lama.

2. Cacar air

Cacar air adalah penyakit kulit yang sering terjadi pada anak, khususnya bayi dan balita. Dimulai dengan gejala sakit kepala, kehilangan nafsu makan, demam, mual dan nyeri otot. Setelah itu akan menyebabkan bisul dalam kulit bayi. Walau tidak menyakitkan untuk bayi, tetapi bisul ini akan terasa gatal untuk si kecil. Bunda bisa pergi ke dokter untuk mengurangi rasa demam si kecil sesuai dengan obat yang direkomendasikan dokter.

3. Cradle Cap

Gangguan kulit pada bayi ini bisa terjadi di area wajah, leher, hidung dan ketiak. Bentuk dari Cradle Cap ini serupa dengan ketombe, berwarna kuning dan berminyak.

4. Eksim

Eksim sendiri sering ada di bagian di tangan, siku, leher, wajah dan belakang lutut. Penyakit kulit ini berwarna merah pada kulit dan terasa gatal.

5. Campak

Penyakit ini bisa dikenali dengan gejalanya. Pilek, demam, bengkak dan mata sakit, batuk dan bintik putih pada mulut bayi adalah gejala campak. Pada wqajah, leher dan di sekitar bayi akan muncul bintik merah dalam beberapa hari. Pada area tersebut akan terasa gatal dan biasanya berlangsung selama 5-6 hari.

Namun, ibu tidak perlu khawatir karena campak ini akan hilang dengan sendirinya sebab penyebabnya adalah virus. Bunda hanya perlu rekomendasi dokter untuk menghilangkan gejalanya saja. Pastikan juga si kecil terhidrasi dengan baik dengan memberinya ASI yang cukup.

6. Milia

Milia ini adalah bintik kecil menyerupai jerawat yang menyerang di pipi, dahi, dagu, hidung dan sekitar mata.meski milia terlihat terangkat, mereka mudah disentuh dan akan hilang sendiri selama 6 minggu.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...