6 Tips Manjur Perawatan Kulit Untuk Anak, Menyehatkan dan Alami

Meski masih anak-anak, perawatan kulit tak boleh diabaikan. Kini, sudah banyak produk kosmetik untuk anak yang menawarkan keunggulan. Namun, jika Bunda masih merasa belum perlu perawatan dengan kosmetik, dapat menggunakan bahan-bahan alami dalam perawatan kulit untuk anak Anda.

perawatan kulit anak

Perlu diingat, bahwa prinsip untuk memelihara dan melindungi kulit anak-anak adalah agar tetap sehat bukan untuk mempercantik diri dan penampilan. Karenanya, jangan mudah terpancing untuk menggunakan produk kosmetik anak, yang belum tentu cocok dan diperlukan anak.

Perawatan dasar sehari-hari yang dapat dilakukan orang tua untuk kesehatan kulit anak antara lain:

1. Sabun

Pemilihan sabun batangan atau cair lebih baik memiliki pH kulit 4,5-5,5 atau pH seimbang. Lebih baik gunakan sabun bayi sebab dalam sabun bayi memiliki kandungan lemak minyak kelapa sehingga kulit terjaga dan lembab. Sabun ini cocok digunakan bagi anak usia TK hingga SD. Apabila usia anak sudah menginjak SMP boleh menggunakan sabun dewasa.

2. Sampoo

Mencuci rambut anak sebaiknya dilakukan sekitar 3 kali seminggu, kecuali rambut anak sangat kotor akibat aktivitasnya dapat mencucinya lebih sering. Sebaiknya menghindari sampo antiketombe, terutama yang mengandung selenium sulfide. Karena pemakaian jangka panang bias meracuni otak dan jaringan saraf.

3. Pelembab

Untuk anak berkulit normal, pelembab sebenarnya tidak perlu. Namun jika anak memiliki eksim kulit, dapat menggunakan pelembab yang aman untuk bayi (tanpa pewarna dan pewangi) dan dipakai setelah mandi.

4. Bedak

Fungsi bedak sesungguhnya adalah sebagai pelican dan penyerap keringat. Kalau anak berkeringat lebih baik di lap dulu dengan tisu basah kemudian tisu kering baru dibedaki, apabila anak berkeringat dan langsung dibedaki akan menimbulkan biang keringat.

5. Parfum

Parfum sebenarnya tidak terlalu perlu untuk anak, tetapi jika memang dirasa perlu tentu boleh saja. Pilihlah parfum yang memang untuk anak-anak yang tidak mengandung alcohol. Bahan pewanginya dari bahan alami dengan konsentrasi rendah. Dan hindari parfum terkena kontak kulit sebab jika terkena matahari bias saja terjadi alergi fotokontak.

6. Penolak serangga

Hindari pemakaian krim atau lotion penolak serangga yang mengandung DEET (dietiltoluamid) pada anak berusia dibawah 6 tahun. Untuk anak lebih baik menggunakan produk penolak serangga yang mengandung bahan alami seperti minyak sereh (citronella).

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE