7 Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Bagi anak seusia masuk sekolah, belajar merupakan aktivitas rutin yang wajib dikerjakan. Perlu latihan dan pengertian agar anak dapat belajar dengan keinginannya. Anak yang cenderung suka bermain atau kegiatan aktif akan berfikir jika belajar adalah hal membosankan.

Banyak anak yang malas belajar sehingga perlu solusi untuk mengatasi anak yang malas belajar. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi anak yang malas belajar :

mengatasi anak malas

1. Membuat Jadwal Belajar

Tetapi wajib diingat membuat Jadwal Belajar harus melibatkan dan persetujuan sang anak. Sehingga belajar yang wajib dapat dilakukan sang anak dengan ikhlas dan ia juga belajar berkomitmen terhadap apa yang ia katakan.

2. Suasana Belajar

Kemampuan anak dalam belajar berbeda-beda. Orang tua dapat membantu membuat suasana belajar anak menjadi efektif. Contohnya gunakan metode story telling atau menggunakan gambar dan video sehingga ia merasa tertarik dan moodnya akan menjadi baik.

3. Beri Dukungan

Apabila anak terlihat malas belajar, tanyakan mengapa alasannya, dengan begitu orang tua dapat mencari celah dan mendukung aspek yang membuatnya kesulitan belajar. Jangan memarahi anak apabila mereka mendapat nilai jelek atau tidak dapat dengan mudah memahami pelajaran.

4. Mengulangi Pelajaran Di Sekolah

Anak-anak sangat suka bermain, apabila sudah bermain anak-anak akan malas belajar. Untuk menghindari malas belajar, orang tua dapat mengulas pelajaran setelah pulang sekolah. Dukung terus agar anak-anak mau mengulangi pelajaran sepulang sekolah beserta tugas sekolah. Setelah semuanya selesai barulah anak diizinkan untuk bermain.

5. Berikan Batas Waktu Belajar

Yang membuat anak menjadi malas belajar salah satunya ialah menganggap belajar itu mmebosankan dan terasa lama. Berikan pengertian bahwa belajar tidak selalu lama asalkan apa yang harus dipelajari sudah dilakukan.

6. Dampingi Anak Belajar

Terkadang, orang tua perlu mendampingi anak dalam hal belajar. Sehingga orang tua dapat membantu kesulitan belajar anak. Cara ini dapat mengurangi rasa malas anak karena rasa senang kebersamaan yang diberikan orang tua dalam belajar.

7. Berikan Hadiah Atas Usahanya Dalam Belajar

Ketika anak mendapat nilai bagus, jangan sungkan untuk mmeberikan anak sebuah hadiah yang diinginkannya. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran anak agar terus belajar agar mendapat hadiah.

Meningkatkan keinginan belajar pada anak memang membutuhkan usaha dari ornag tua dan anak itu sendiri. Perubahan pola belajar serta dukungan belajar perlu terus diawasi dan dievaluasi oleh orang tua. Hal ini bertujuan agar semangat belajar anak tidak menurun.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE