7 Dampak Berbahaya Penyakit Batuk Bagi Ibu Hamil

Batuk merupakan sakit yang tidak boleh disepelekan oleh ibu hamil khususnya. Alasannya sebab batuk dapat membahayakan kehamilan dan juga janin yang ada di dalam rahim ibu. Batuk tersebut dapat mengganggu kesehatan ibu hamil seperti infeksi sinus, penyakit paru-paru dan sebagainya.

batuk hamil

Gangguan kesehatan tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada janib. Berikut berbagai macam bahaya yang dapat terjadi pada ibu hamil yang sedang batuk :

1. Keguguran

Ibu hamil di bawah 3 bulan bisa mengalami keguguran sebab suara batuk yang keras dapat menimbulkan tekanan di perut dan juga bagian diafragma ibu hamil.

2. Lahir prematur

Suara batuk yang keras juga dapat membuat bayi terdorong keluar rahim. Hal ini dapat terjadi pada ibu hamil yang memiliki kandungan lemah dan juga serviks lunak. Serviks lunak dapat menyebabkan bayi terdorong keluar rahim secara tidak sadar.

3. Janin terguncang

Apabila ibu hamil batuk, setial menit dapat menyebabkan perut menjadi terguncang. Jika perut terguncang bisa membuat janin yang ada dalam kandungan ikut terguncang. Jika ibu hamil terus-terusan batuk dan perut terguncang, akan menyebabkan keguguran.

4. Kematian janin

Ibu hamil yang mengalami komplikasi batuk dapat membuat janin dalam kandungan mengalami kematian. Misalnya ibu hamil yang batuk akibat penyakit paru-paru, hal ini apabila tak segera ditangani dapat membahayakan ibu hamil maupun janin.

5. Sesak napas

Ibu hamil yang terserang batuk, rentan untuk sesak napas. Alasannya sebab batuk mempersempit saluran pernapasan. Jika sesak napas, asupan oksigen di dalam tubuh akan berkurang dan menimbulkan dampak pada bayi. Bayi akan kekurangan oksigen dan membuat bayi lemas di dalam kandungan.

6. Rentan terkena virus

Ibu hamil yang batuk disertai penyakit komplikasi, akan membuat bayi dalam kandungan rentan terkena virus yang dimiliki sang ibu dan ketika lahir, bayi juga akan memiliki penyakit komplikasi seperti ibunya.

7. Perubahan suhu

Terutama ibu hamil yang batuk disertai demam. Demam dapat membuat ibu hamil memiliki suhu tubuh yang terlalu panas. Bayi di dalam kandungan tidak terbiasa dengan suhu yang terlalu panas sehingga bayi akan lemas dan meningkatkan resiko keguguran.

Selama ini, batuk memiliki 2 macam yakni batuk ringan dan batuj berdahak. Namun batuk yang disertai penyakit komplikasi akan justru meningkatkan resiko buruk pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Diharapkan ibu hamil menjaga selalu kesehatan agar memiliki kehamilan sehat serta bayi tumbuh sehat dalam rahim.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE